KEBIJAKAN MAJELIS PENDIDIKAN AL-WASHLIYAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM KE-AL WASHLIYAHAN MADRASAH ALIYAH DI SUMATERA UTARA

Mursal Aziz, Mesiono Mesiono, Syafaruddin Syafaruddin

Abstract


Al-Washliyah sebagai organisasi pembaharu pendidikan Islam memiliki komitmen yang tinggi terhadap pengembangan kualitas pendidikan Indonesia mulai tingkat dasar sampai jenjang yang paling tinggi.  Salah satu bentuk bukti pengembangan kualitas pendidikan Indonesia Al-Washliyah adalah bahwa paling tidak Al-Washliyah memiliki empat puluh lima madrasah Aliyah di Sumatera Utara. Setiap siswa wajib untuk mempelajari mata pelajaran Ke-Al Washliyahan untuk membangun karakter lulusan Madrasah Aliyah Al-Washliyah. Mata pelajaran Ke-Al Washliyahan adalah mata pelajaran wajib di madrasah Al-Washliyah. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Majelis Pendidikan PB Al-WAshliyah Nomor: Kep-001/MP.P-AW/XXI/X/2018 tanggal 30 Oktober 2018. Adapun ruang lingkup materi pembahasan pada kurikulum keAl-Washliyahan terdiri dari komponen/aspek yaitu:Organisasi al-Jam’iyatul Washliyah; Sejarah Berdirinya; Landasan akidah dan ibadah; Lambang dan lagu; dan Kiprahnya dalam bidang dakwah dan sosial.

 

Kata Kunci: Kebijakan, Pengembangan Kurikulum dan Ke Al-Washliyahan.

Full Text:

79-88

References


Asari, Hasan. Al-Jam’iyatul Washliyah: Sejarah Sosio-Religius dan Intelektual Priode Awal dalam Saiful Akhyar Lubis (Ed.), Peran Moderasi Al-Washliyah. Medan: UNIVA Press, 2008.

Azizy, Ahmad Hamim. Al-Jam’iyatul Washliyah dalam Kancah Politik Indonesia. Banda Aceh: Yayasan PeNA, 2006.

Batubara, Ismed dan Ja’far (Ed.). Bunga Rampai Al-Jam’iyatul Washliyah. Banda Aceh: Al-Washliyah University Press, 2010.

Batubara, Ismed. Dinamika Pergerakan Al-Washliyah dari Zaman ke Zaman. Medan: Perdana Publishing, 2015.

Lubis, M. Ridwan Ibrahim. Kepribadian, Anggota & Pengurus Al-Washliyah. Jakarta: PP HIMMAH, 1994.

PB Al-Washliyah, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Priode 2010-2015.

Rozali, Muhammad. Tradisi Keulamaan Al Jam’iyatul Washliyah Sumatera Utara. Yogyakarta: LKiS, 2018.

Siddik, Dja’far et.al., Lembaga-lembaga Pendidikan Al-Washliyah: Tipologi, Eksistensi dan Problematika dalam Neliwati (Ed.), Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Disumatera Utara. Medan: IAIN Press, 2013.

Sulaiman, Nukman (Ed.). Al-Jam’iyatul Washliyah ¼ Abad. Medan: PB Al-Washliyah, 1956.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jt%20ipai.v9i1.3102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.