STRATEGI PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) DI KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Ahmad Salabi

DOI:

https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1828

Abstract

Guru adalah salah satu komponen penting dalam mencapai keberhasilan pendidikan, guru harus semakin profesional dan bergerak dinamis mengikuti perubahan yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, upaya strategis seorang supervisor sangat diperlukan dalam mendampingi guru mengelola pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana strategi pengawas dalam meningkatkan profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi kepengawasan yang telah dilaksanakan adalah: (1) merencanakan dan menyiapkan perangkat kepengawasan sebelum melakukan supervisi dengan panduan program tahunan, program bulanan dan instrumen penilaian; (2) mengidentifikasi guru-guru yang akan disupervisi melalui daftar isian; (3) merumuskan faktor-faktor yang bisa mempengaruhi kelancaran supervisi melalui rumusan program supervisi; (4) memilih strategi yang paling sesuai untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang melalui rumusan program supervisi; (5) teknik supervisi yang dipergunakan lebih banyak bersifat individual; dan (6) tindak lanjut hasil supervisi dalam bentuk penilaian kuantitatif, kualitatif, dan laporan.Kata kunci: Strategi Pengawas, Profesionalitas, Guru PAI

References

Alfonso, R.J., Firth, G.R., & Neville, R.F., Instructional Supervision: A Behavior System, Boston: Allyn and Bacon, Inc., 1981.

Bogdan, R.C., & Biklen, S.K., Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods, New York: Pearson Education Group, 1982.

Departemen Agama RI, Pedoman Pelaksanaan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Islam, 2002.

Departemen Agama RI, Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2003.

Departemen Agama RI, Pedoman Pengawasan Atas Pelaksanaan Tugas Guru PAI pada Sekolah Umum di TK, SD, SMPN dan SMU/SMK, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2003.

Departemen Agama RI, Kepengawasan Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004.

Departemen Agama RI, Pedoman Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar Dan Menengah, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2007.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Alat Penilaian Kemampuan Guru, Buku I, Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru, 1982.

Departemen Pendidikan dan kebudayaan RI, Petunjuk Pengelolaan Adminstrasi Sekolah Dasar, Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru, 1997.

Hasan, Yusuf A., Pedoman Pengawasan untuk Madrasah dan Sekolah Umum, Jakarta: CV. Mekar Jaya, 2002.

Mantja, Willem, Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran, Malang, PT. Wineka Media, 2007.

McPherson, R.B., Crowson, R.L., & Pitner, N.T., Managing Uncertainty: Administrative Theory and Practice in Education, Columbus, Ohio: Charles E. Merrill Publishing Company, 1986.

Moeleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1999.

Miles, M.B., & Huberman, A.M., Qualitative Data Analysis, Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 1994.

Oliva, Peter F., Supervision for Today’s School, New York: Longman, 1984.

Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah, Departemen Pendidikan Nasional.

Pidarta, Made, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 1992.

Sahertian, Piet A., Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.

Satori, Djam’an, Supervisi Akademik dan Penjaminan Mutu Dalam Pendidikan Persekolahan, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 1999.

Supandi, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Universitas Terbuka, 1996.

Sergiovanni, T.J., The Principalship: A Reflective Practice Perspective, Boston: Allyn and Bacon, 1987.

Suhardan, Dadang, Supervisi Bantuan Profesional, Bandung: PT. Mutiara Ilmu, 2006.

Rifa`i, Moh., Supervisi Pendidikan, Bandung: Jemmars, 1982.

Riva`i, Veithzal, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Jakarta, PT. Murai Kencana, 2005.

Thaib, Amin, Standart Supervisi dan Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Ditmapenda, 2005.

Downloads

Published

2015-01-01

How to Cite

Salabi, A. (2015). STRATEGI PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) DI KOTA BANJARMASIN. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1828

Issue

Section

Articles