Analisis Strategi Bisnis Hijab Mazaya Yogyakarta Dengan Pendekatan Bisnis Model Canvas Ditinjau Dari Maqashid Syari’ah

Authors

  • Mufti Afif University of Darussalam Gontor
  • Meichio Lesmana Universitas Darussalam Gontor
  • Lisda Aisyah IAI Darussalam Martapura
  • Musyaffak Kholil Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.18592/at-taradhi.v13i2.7461

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh toko Hijab Mazaya menggunakan model kanvas bisnis. Metode penelitian yang digunakan dalam pendekatan deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Pada elemen bisnis model kanvas secara keseluruhan pada bisnis hijab Mazaya memiliki kelebihan yang dideskripsikan pada 5 elemen BMC, yaitu hubungan pelanggan, proposisi nilai, aktivitas utama, sumber daya utama, dan mitra utama. Jika ditinjau dari aspek maqashid syariah dengan tujuan yaitu mnecapai falah atau kemaslahatan umat. Strategi BMC sudah menerapkan 4 prinsip utama yaitu hifdzu nafs, hifdzu nasl, hifdzu 'aql dan hifdzu mal.Adapun hifdzu din tidak tersedia pada 9 elemen strategi BMC. Setelah dilihat dari aspek maqashid syariah hasil dari penerapannya yitu adanya hubungan hifdzu nafs dengan 7 elemen yaitu Customer Segment, Value Proposition, Channel, Customer Relationship, Key Activities, Key Resource dan Key Partner. Pada aspek hifdzu mal ada 3 elemen yaitu Revenue Stream, Key Partner dan Cost Structure. Adapun Key Resource termasuk dalam prinsip Hifdzu Nasl dan element Channel termasuk hifdzu 'aql.

References

Onny Siagian, Ade. 2020. “Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital”, JurnalPemasaran Kompetitif, Vol. 3, No. 3

Wardhana, Aditya. 2014. Penerapan Pada Industri Jasa Pertambangan Batubara di Indonesia (Bandung: PT. Karya Manunggul Lithomas)

Osterwalder, Alexander. dkk. 2010. Business Model Generation, (Canada:Acid-Free Paper)

Atul Parvatiyar dan agdish N. 2001. “Customer Relationship Management: Emerging Practice, Process, and Discipline”, Journal of Economic and Social Research 3, Vol.2

Darsono, dkk. 2019. Model Bisnis Keuangan Mikro Syariah Indonesia, (Jakarta Selatan: Tazkia Publishing).

Tyas Untari, Dhian. 2018. Metodologi Penelitian: Penelitian Kontemporer Bidang Ekonomi dan Bisnis, (Banyumas: Penerbit CV. Pena Persada)

Ellizabeth Cindy Tjitradi, “Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Berdasarkan Business Model Canvas”, Agora, Vol.3, No. 1, (2015).

Gumgum Gumilar dan Ipit Zulfan, Penggunaan Media Massa Dan Internet Sebagai Sarana Penyampaian Informasi Dan Promosi Oleh Pengelola Industri Kecil Dan Menengah Di Bandung, Jurnal Kajian Komunikasi, Vol. 2, No. 1, Juni 2014.

Hartirini Warnaningtyas, Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun, EKOMAKS (Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif dan Bisnis), Vol. 9, No. 2 2020.

Https://databoks.co.id/datapublish/2021/11/25/produk-fashio-paling-banyak-diminati-konsumen-online. (diakses pada 19 desember 2021, pukul 17.49).

Intan Ratu Permatadan Rosnaini Daga, Analisis Bisnis Model Kanvas Produk Hijab Online Shop (Studi Kasus @Needhijab.Mks), Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro (JMPKN), Vol 4, No 2 2021.

Ismail Solihin, Pengantar Bisnis, (Bandung:Penerbit Erlangga.2014).

Sartika Moha, Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado, Jurnal EMBA, Vol.4 No.1 Maret 2016, ISSN 2303-1174.

Muhammad Ismail Suyanto dan Muhammat Karebet, “Menggagas Bisnis Islam”, ( Gema Insani:Depok, 2008).

Nur Widyawati1,dkk., Analisis Biaya Produksi Dan Biaya Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Di Perusahaan Manufaktur, SPIRIT PRO PATRIA (E-journal), Vol. 6, No. 1, Maret 2020.

Phililp Kotler dan G. Amstrong, Principle of Marketing, Eleven Edition (Pearson Prentice Hall International:New Jersey, 2006).

Rama Chandra Jaya, Pengaruh Diskon Harga Dan Online Store Image Terhadap Niat Beli Produk Pada Online Store Hiffu Bandung, ACADEMIA.

Rizka Zulfikar, dkk., Adopsi Teknik Penyusunan Business Plan Model Canvas Untuk Perencanaan Bisnis Umkm Kuliner Jalanan Di Kawasan Gatot Subroto Banjarmasin, Jurnal Al-Ikhlas, Vol. 4 No. 2, April 2019.

Sri Yona, Penyusunan Studi Kasus, Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol. 10, No.2, September 2006.

Sudono Sukirno, Pengantar Bisnis, (Jakarta : KENCANA, 2017).

Sunarta, Riset Pemasaran, ( Universitas Negri Yogyakarta:Yogyakarta,2007).

Tim PPM Manajenen, Bussines Model Canvas Penerapan di Indonesia, (Jakarta Pusat : PPM, 2012)

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles