Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Hots

Authors

  • Neneng Faizatul Hasanah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sigit Raharjo Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Fitrizah Alkikipa Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nella Anwari Ramadani Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.18592/jpm.v6i1.2963

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasaan emosional terhadap kemampuan pemecahkan masalah soal hots di sekolah MTS Daarul Muttaqien Tangerang. Metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian ini menggunakan hasil tes siswa dalam menyelesaikan soal hots. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahaan masalah soal hots dengan taraf signifikan uji normalitas 0,74 > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal, taraf signifikan uji homogenitas dengan nilai sig P-value > 0,05 yaitu 0,372 > 0,05 maka H0 diterima sehingga kedua sampel homogen. Kesimpulan pembahasan penelitin ini adalah terdapat hubungan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah soal hots siswa MTS Daarul Muttaqien Tangerang dengan hasil yang didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,69 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 54,48Kata Kunci: Kecerdasam Emosional, Pemecahan Masalah, Hots

References

Arends, Richard L. 2013. Belajar untuk Mengajar. Jakarta: Salemba Humanika.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniati, Dian. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Maryam Sajadi, Parvaneh Amiripour, Mohsen Rostamy Malkhalifeh. 2013. The Examining Mathematical Word Problems Solving Ability under Efficient Representation Aspect. International Scientific Publications and Consulting Services. Journal of Mathematics.

Polya, G. 1973. How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press.

Saad, N. S. & Ghani, A. S. 2008. Teaching Mathematics in Secondary School: Theories and Practies. Perak: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Saputra, Hatta. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills).

Stantrock, Jhon W. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukmadinata. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Widodo, T & Kadarwati, S. 2013. High Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan.

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles