HUMANISME PENDIDIKAN ISLAM (Relevansi Teori Ego-Insani Muhammad Iqbal dalam Pendidikan Islam)

Mubarak Mubarak

Sari


Pendidikan  itu harus bersifat humanis. Pendidikan yang humanis adalah suatu bentuk pendidikan yang mengakui nilai-nilai kepribadian peserta didik untuk dikembangkan melalui kegiatan pendidikan. Sedangkan dalam perspektif Islam, humanisme dalam pendidikan Islam ialah proses pendidikan yang lebih memperhatikan aspek potensi manusia sebagai makhluk berketuhanan dan makhluk berkemanusiaan serta individu yang diberi kesempatan oleh Allah SWT. untuk mengembangkan potensi-potensinya. Disinilah letak urgensi pendidikan Islam sebagai proyeksi kemanusiaan (humanisasi). Pendidikan Islam yang humanis dengan demikian lebih menitikberatkan pandangannya terhadap totalitas individu sebagai obyeknya. Manusia dalam pandangan Islam adalah mahluk rasional sekaligus mempunyai nafsu kebinatangan. Sedangkan, Ilmu pengetahuan itu bersumber dari Islam sebagai petunjuk yang akan membimbing manusia di dalam kehidupannya tanpa mengabaikan fitrahnya.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aly, Hery Noer. 2002. Watak Pendidikan Islam. Cetakan pertama. Surabaya: CV. Bina Ilmu.

Azra, Azyumardi. 2002. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi menuju Millenium Baru. Cetakan ke IV. Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu.

Iqbal, Muhammad. 2008. Rekonstruksi Pemikiran Agama Dalam Islam. Terjemahan oleh Ali Audah dkk. dari The Reconstruction of Religious Tought in Islam (1982). Edisi pertama. Yogyakarta: Jalasutera.

Kurniawan, Syamsul dan Erwin Mahrus. 2001. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Cetakan pertama. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Langgulung, Hasan. 2002. Peralihan Paradigma Dalam Pendidikan Islam Dan Sains Sosial. Cetakan pertama. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Mulkhan, Abdul Munir. 2002. Nalar Spiritual Pendidikan: Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam. Cetakan pertama. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya.

Thahir, Lukman S.. 2002. Gagasan Islam Liberal Muhammad Iqbal. Cetakan pertama. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya.

Waugh, Earle H. dan Frederick M. Denry. 2001. Wacana Islam Barat (Refleksi Islamisis Atas Neo-Modernisme Islam Fazlur Rahman). Terjemahan oleh Musnur Hery dan Damanhuri dari The Shaping of an American Islamic Discourse (A Memorial to Fazlur Rahman). Cetakan pertama. Yogyakarta: Titian Ilahi Press.

Yunus, Firdaus M.. 2007. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial (Paulo Freire dan Y.B. Mangunwijaya). Cetakan ketiga. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Zuchdi, Darmiyati. 2009. Humanisasi Pendidikan : Menemukan Kembali Pendidikan Yang Manusiawi. Cetakan kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/ittihad.v13i23.1732

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##