PERAN ULAMA DALAM PENDAMPINGAN PEREMPUAN YANG POSITIF HIV DAN AIDS

Authors

  • Imadduddin Parhani Antasari State Islamic University of Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/al-banjari.v17i1.1439

Keywords:

Peran, Ulama, HIV dan AIDS, Perempuan Positif HIV

Abstract

HIV and AIDS have spread to all provinces in Indonesia. No more districts/cities are free from the spread of HIV and AIDS. Many efforts are made by the government to reduce the spread of HIV and AIDS. However, these efforts are only conducted at the medical level, not touched on community empowerment, especially Ulama involvement in planning, implementing and evaluating HIV and AIDS prevention programs. Ulama should be postulated as part of a government-developed system of HIV and AIDS prevention and control. Ulama should be given a role in identifying, formulating, implementing and monitoring program activities with the focus of exploring social problems that occur in the environment. If clerics are directly involved since the commencement of an activity program, they will be able to understand better of what they should do for a program. Involvement and empowerment are the principles of HIV and AIDS prevention. Involvement and empowerment in AIDS prevention aims to achieve better health outcomes with the active participation of civil society in planning, implementing, monitoring and evaluating services.  The activities which are in conflict with prevention, treatment, care and support for PLWHA and oriented to an anti-gender partnership discrimination, as well as stigma,  can put women in anti-socio-cultural, and physiological conditions. It is also  equally important that scholars openly opposed to gender-based violence.Saat ini, HIV dan AIDS telah menyebar ke semua provinsi di Indonesia. Tidak ada lagi kabupaten / kota yang bebas dari penyebaran HIV dan AIDS. Banyak upaya dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi penyebaran HIV dan AIDS. Namun, upaya ini hanya dilakukan di tingkat medis saja, tidak menyentuh pemberdayaan masyarakat, terutama keterlibatan ulama dalam perencanaan, penerapan dan evaluasi program pencegahan HIV dan AIDS. Ulama harus dipostulasikan sebagai bagian dari sistem pencegahan dan pengendalian HIV dan AIDS yang dikembangkan oleh pemerintah. Ulama diberi peran dalam mengidentifikasi, merumuskan, melaksanakan dan memantau kegiatan program dengan fokus mengeksplorasi masalah sosial yang terjadi di lingkungan. Jika para ulama terlibat langsung sejak dimulainya suatu program kegiatan, mereka akan lebih mampu memahami apa yang harus mereka lakukan untuk sebuah program. Keterlibatan dan pemberdayaan adalah salah satu prinsip pencegahan HIV dan AIDS. Keterlibatan dan pemberdayaan dalam pencegahan AIDS bertujuan untuk mencapai hasil kesehatan yang lebih baik dengan partisipasi aktif masyarakat sipil dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi layanan dan kegiatan yang bertentangan dengan pencegahan, pengobatan, perawatan dan dukungan untuk ODHA yang berorientasi pada diskriminasi kemitraan anti-gender, stigma, menempatkan perempuan dalam kondisi yang anti-sosio-budaya, dan fisiologis, dan sama pentingnya adalah para ahli secara terbuka menentang kekerasan berbasis gender.

Author Biography

Imadduddin Parhani, Antasari State Islamic University of Banjarmasin

Google Scholar

References

Ahdi Makmur. “Peranan Ulama Dalam Membina Masyarakat Banjar Di Kalimantan Selatan.” MIQOT XXXVI No 1 Januri-Juni 2012 (2012): 1–19.

Baby Jim Aditya. “Kerentanan Perempuan Terhadap HIV/AIDS.” Jurnal Perempuan 43 (2005).

Bahruddin, Moh. “TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENDERITA HIV/AIDS.” Jurnal Asas 2, no. 2 (2014): 28–34.

Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Modul Pelatihan Konseling dan Tes Sukarela HIV (Voluntary Counselling And Testing) untuk Konselor Profesional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, 2006.

Eko Bambang Subiyantoro. “Tentang Perempuan Dan HIV/AIDS Positifnya.” Jurnal Perempuan 43 (2005).

Ford Foundation, and Aus AIDS. Pedoman Kelompok Dukungan Sebaya Dan Kelompok Penggagas Di. Jakarta: Ford Faoudation dan Aus AIDS, n.d.

Husein Muhammad, Marzuki Wahid, and Faqihuddin Abdul Kadir. Fiqh HIV & AIDS Pedulikah Kita? Jakarta: Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia, 2010.

Indonesia, Kementerian Kesehatan RI, Pengendalian Penyakit, and Penyehatan Lingkungan. Pedoman Nasional Tatalaksana Klinis Infeksi HIV Dan Terapi Antiretroviral Pada Orang Dewasa. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI Indonesia, Pengendalian Penyakit, and Penyehatan Lingkungan, 2015.

Indonesia, Kementrian Kesehatan Republik. Estimasi Dan Proyeksi HIV/AIDS Di Indonesia 2011–2016. Jakarta, 2013.

Irwan Julianto. JIka Ia Anak Kita AIDS Dan Jurnalisme Empati. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2002.

Jati, Wasisto Raharjo. “ULAMA DAN PESANTREN DALAM DINAMIKA POLITIK DAN KULTUR NAHDLATUL ULAMA.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 2013.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2016.

Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Nasional Pencegahan Penularan HIV Dari Ibu Ke Anak (PPIA). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2012.

Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia. Pemberdayaan Perempuan Dalam Pencegahan Penyebaran HIV – AIDS. Jakarta: Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia, 2008.

Kementerian Pertahanan RI, and Pusat Kesehatan TNI. Modul Pelatihan Peer Leader Modul 4 HIV dan AIDS. Jakarta: Kementerian Pertahanan RI dan Pusat Kesehatan TNI, 2012.

Khairi, Febrina, and Yusnarida Eka Nizmi. “PERAN UNAIDS (THE JOINT UNITED NATIONS PROGRAMME ON HIV/AIDS) DALAM PENANGANAN HIV/AIDS DI ZIMBABWE.” Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 2, no. 2 (2015): 1–15.

Komisi Penanggulangan AIDS Nasional. Agenda Nasional Penelitian HIV / AIDS 2010-2014. Jakarta: Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, 2011.

———. Pelaksanaan Akselerasi penanggulangan HIV/AIDS di 100 Kabupaten/Kota. Jakarta: Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, 2006.

———. Rangkuman Eksekutif Upaya Penanggulangan HIV Dan AIDS Di Indonesia 2006-2011 Laporan 5 Tahun Pelaksanaan Peraturan Presiden No. 75/2006 Tentang Komisi Penanggulangan AIDS Nasional. Jakarta: Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, 2011.

———. Strategi Dan Rencana Aksi Nasional 2010-2014. Jakarta: Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, 2010.

Komisi Penanggulangan AIDS Nasional. Strategi Dan Rencana Aksi Nasional 2015 - 2019 Penanggulangan HIV Dan AIDS Di Dindonesia. Jakarta: Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, 2015.

Komisi Penanggulangan AIDS Nasional. Warga Peduli AIDS Perwujudan Partisipasi Masyarakat Dalam Penanggulangan HIV dan AIDS. Jakarta: Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, 2010.

MIftah Faqih, Sri Rahayu, Sarmidi Husna, and Mahbub Ma’afi. Panduan Penannggulangan AIDS Persfektif Nahdlatul Ulama. Jakarta: Pengurus Pusat Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama, 2013.

Murni, S., C. W. Green, S. Okta, and H. Setyowati. Pasien Berdaya Seri Buku Kecil. Jakarta: Yayasan Spiritia, 2007.

Nurul Arifin. “Membuka Mata Masyarakat: Menghapus Diskriminasi Dan Stigma Perempuan Dengan HIV/AIDS.” Jurnal Perempuan 43 (2005).

Tim Interna. Kondom dan Pencegahan HIV & AIDS Pandangan Agama-Agama. Jakarta: Interna Pustaka, 2011.

UNAIDS. Kemitraan dengan Organisasi Berbasis Keimanan Kerangka Kerja Strategis UNAIDS. Switzeland: UNAIDS, 2009.

(UNAIDS), Joint United Nations Programme on HIV/AIDS, and Joint United Nations Programme on HIV/AIDS (UNAIDS). “Global AIDS Update 2016.” Geneva, Switzerland, 2016.

Yayan Nurbayan. “Karakteristik Ulama Menurut Al-Hadits (Kajian Tematik Atas Hadits-Hadits Nabi Yang Berkaitan Dengan Karakteristik Ulama).” Pascasarjana IAIN Syarif Hidaytullah Jakarta: Tidak Diterbitkan, 1999.

Zubairi Djoerban. Membidik AIDS Ikhtiar Memahami HIV dan ODHA. Yogyakarta: Galang Press, 1999.

Published

2018-10-01

Issue

Section

Articles