PESANTREN DAN RELIGIOUS AUTHORITATIVE PARENTING: Studi Kasus Sistem Wali Asuh di Pondok Pesantren Nurul Jadid

Authors

  • Achmad Fawaid Universitas Nurul Jadid
  • Uswatun Hasanah Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.18592/jiiu.v19i1.3484

Keywords:

Wali asuh, sistem, pesantren

Abstract

Hak kepengasuhan di pesantren berganti pada seorang wali asuh yang kemudian dituntut untuk memahami seluruh aspek  perkembangan dan mengontrol kegiatan santri agar berjalan secara efektif. Studi ini meneliti bagaimana sistem pola asuh yang diterapkan dalam lingkup wilayah Az-Zainiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa poin penting dalam sistem pola asuh di pesantren. Pertama, wali asuh berperan penting sebagai pengganti orang tua selama berada di pesantren. Kedua, penerapan sistem pola asuh sebagai bentuk praksis pendidikan dalam pesantren. Ketiga, kinerja wali asuh memerlukan perhatian lebih dari semua pihak, baik dari santri yang berperan sebagai wali asuh, pesantren yang diharuskan memberi arahan dan bimbingan dalam hal kepengasuhan santri dan juga jajaran pengasuh yang mengontrol dan memberikan solusi bagi adanya program wali asuh. Implikasi dari studi ini adalah siapapun santri yang diberi tanggung jawab dalam hal pengasuhan, memerlukan strategi yang cukup baik untuk mewujudkan visi dan misi pesantren.Kata Kunci: Wali asuh; sistem; pesantren

References

Amin, Samsul Munir, Bimbingan dan Konseling Islam, (Jakarta: Amzah, 2010).

Baharun, Hasan, “Total Moral Quality: A New Approach for Character Education in Pesantren”, Jurnal Ulumuna 21, no. 1 (2017): 57–80.

Bariroh, Akmal Mundiri dan Afidatul, “Trans Internalisasi Pembentukan Karakter Melalui Trilogi Santri dan Panca Kesandaran Santri”, IQRA‘ (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan), 3, no.1, (2018): 24-55.

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesi, (Jakarta: LP3ES, 2015).

Djamarah, Saiful Bahri, Pola Asuh Orang tua dan Komunikasi dalam Keluarga upaya membangun Citra Membentuk Pribadi Anak, (Jakarta: Rineka Cipta, 2014).

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: LKIS, 1999).

Ilahi, Muhammad Takdir, Quantum Parenting, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).

Ilmy, Abdul Hamid, Chusnul Muali dan Alfi Najmatil, “Urgensi Keterlibatan Wali Asuh Dalam Dinamikan Pendidikan di Pesantren”, Journal of Islam Education Studies, 6, no. 1, (2018): 44-66

Ilmy, Alfi Najmatil et al., “Pendidikan Di Pesantren”, Journal of Islamic Education Studies, 6, no. 1 (2018).

Jannah, Hasan Baharun dan Madinatul, “Smart Parenting dalam Mengatasi Social Withdrawal pada Anak di Pondok Pesantren”, TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 7, no1, (2019): 45-72.

Lestari, Sri, PSIKOLOGI KELUARGA: Penanaman Nilai Dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga, (Jakarta: Prenamedia Group, 2012).

Lubis, Rafiqatul Hamidiyah, “Metode Parenting Pembentukan Sikap di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang, Bengkulu”, (Skripisi Program Sarjana Sosial, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 2018),

Masyitoh, “Habituasi Peserta Didik Melalui Program Wali Asuh dalam Membentuk Karakter Santri Di Pondok Pesantren “, HIKMAH (jurnal pendidikan islam), 7, no. 2, (2018).

Muali, Asiatik Afrik R, Abdul Hamid, Chusnul, “Smart Parenting Demokratis Dalam Membangun karakter Anak”. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak. 4, no.1 (2017): 1-16.

Muali, Chusnul, “Rasionalitas Konsepsi Budaya Nusantara dalam Menggagas Pendidikan Karakter Bangsa Multikultural,” Jurnal Islam Nusantara 1, no. 1 (2017): 105–117.

Muallifah, Psycho Islamic Smart Parenting, (Jogjakarta: Deva Press, 2009).

Nata, Abuddin, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, ( Jakarta: Grasindo, 2001).

Nur Hidayat, Asmuji, & Walid. “Hubungan Pola Asuh Wali Kamar Dengan Tingkat Kemandirian Adl (Activity Of Daily Living) Santri Usia Sekolah Di Pondok Pesantren Anak-Anak Dan Tahfidzul Qur’an Al-Qodiri Jember”, http://fikes.unmuhjember.ac.id, (diakses 17 Desember 2019).

Rizqi, Amalina, “Hubungan Pola Asuh Pondok Pesantren dengan Pembentukan Karakter Santriwati (Studi Kasus di Pondok Pesantren Ta’mirul Isalam Surakarta)”, (Skripsi Program Sarjana Pendidikan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2016).

Sekretariat PP Nurul Jadid. 2019. Selayang Pandang Pondok Pesantren Nurul Jadid. Paiton: Bagian Humas dan Protokuler Sekretariat PondokPesantren Nurul Jadid.

Ummah, Hasan Baharun dan Rohmatul, “Strengthening Student’s Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model”. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 3, no. 1 (2018): 21–30.

Zuhry, Dhofir, Peradaban Santri, (Jakarta: PT. Gramedia, 2019)

Zulhimma, “Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren di Indonesia”, Darul 'Ilmi 1, no. 2, (2013).

Adimmah, Umar, Mansyur dan Syafiqah, Character Building Melalui Pendekatan Collaborative Authoritativerian Parenting, (Probolinggo: Pustaka Nurja, 2019)

Downloads

Published

2020-06-30