Penggunaan Model Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pembenihan Ikan Hias

Erna Hendrayantie

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa,peningkatan kemandirian belajar siswa, peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan  setelah mengikuti kegiatan pembelajaran yang menerapkan model guided discovery learning (GDL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-1 dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar, selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model GDL pada materi pembenihan ikan hias dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, kemandirian belajar siswa, hasil belajar siswa dan siswa memberikan yang positif terhadap penerapan model GDL.


Full Text:

101-116

References


Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Abimanyu, S. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Janssen, F. J. J. M., H. B. Westbroek dan J. H. Van Driel. (2014). How To Make Guided Discovery Learning Practical For Student Teachers. Springer. 42: 67–90.

Kurniawan, W,. D. (2015). Implementasi Pembelajaran Scaffolding Berbantuan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Program Studi Keahlian Teknik Elektronika Industri SMKN 2 Wonosari. Online Journal. 3(2): 45-46.

Martina, A., dan Suharyanto. (2013). Pengaruh Pendekatan Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. 4(2): 6-7.

Mudijiman, H. (2007). Belajar Mandiri. Solo: UNS Press.

Muharram dan Jusniar. (2014). Meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas X1 SMAN 3 Sungguminasa Melalui Penerapan Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon. Jurnal Chemica. 1(3) : 68 – 76.

Sulistyowati, N., A. T. Widodo dan W. Sumarni. (2012). Efektivitas model pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Chemistry Education Journal. 1 : 49 – 54.

Trianto. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif Progesif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/ptk.v4i2.2262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erna Hendrayantie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Jurnal PTK dan Pendidikan Indexed by:

         

 

 

 

 Jurnal PTK dan Pendidikan license by Creative Comons Aribututtion 4.0 International License

View My Stats View My Stats