Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Randuagung 02 dengan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui Metode Variasi pada Materi Lingkaran

Sri Sumarni

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan, ingin mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Variasi Metode ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi lingkaran pada siswa kelas VI SDN Randuagung 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Penelitian ini disusun menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua putaran atau dua siklus dengan langkah: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Lokasi penelitian di SDN Randuagung 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VI SDN Randuagung 02, jumlah siswa 27 anak, 13 laki-laki dan 14 perempuan. Dari hasil analisis hasil observasi di ketahui bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dimana pada Siklus I 79,9% dan Siklus II 87,3% mengalami peningkatan 7,4%. Hasil observasi ini memungkinkan satu anak melakukan berbagai aktivitas sesuai alat observasi yang digunakan. Sedangkan hasil belajar yang dilakukan melalui tes, setelah tindakan rata-rata 67,1 pada Siklus I 75,2 dan pada Siklus II 82,7. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Variasi Metode berdampak positif terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Randuagung 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.


Full Text:

PDF

References


Anggoro, Toha M. 2004. Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Terbuka.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SD MI. Jakarta : Depdiknas.

DePorter, Bobbi. 2007. Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: KaiFa Mizan Pustaka.

Hasnun M. Sidik, S.Pd.dkk.2007. Matematika Terampil Berhitung Jilid 6. Jakarta Erlangga.

Puryanto. 2009. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Model Kontekstual Bernasis Masalah Pada Siswa Kelas VI SDN Pondokagung 03 Kasembon. Universitas Terbuka.

Nurjanah. 2009. Efektifitas Metode Variasi Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas IV Semester Ganjil “MI AL-FATTAH” Kota Malang Terhadap Materi Sejarah Kebudayaan Islam. Malang : MI AL-FATTAH.

Moleong, Lexy J.M.A, Dr. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Wardani, IGAK.dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/ptk.v3i1.1569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Jurnal PTK dan Pendidikan Indexed by:

 

 

 Jurnal PTK dan Pendidikan license by Creative Comons Aribututtion 4.0 International License

View My Stats