Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penggunaan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 3 Marabahan

Muhammad Riduan

Abstract


Guru adalah salah satu faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Sebagai tenaga professional, guru harus mampu membuat perencanaan pembelajaran, meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan mampu menggunakan media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Apakah supervisi akademik berkelanjutan mampu meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran. Apakah guru mampu mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran. Bagaaimanakah persepsi guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan media LCD proyektor. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 3 Marabahan Kabupaten Barito Kuala dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik penilaian RPP, aktivitas siswa maupun guru di kelas, pengamatan aktivitas siswa dan guru sudah masuk kategori cukup baik dengan nilai rata-rata (71,74%) pada siklus 1 serta kategori baik dengan nilai rata-rata (80,54%) pada siklus 2. Dengan demikian indikator pencapaian sudah terlampaui atau dengan kata lain penelitian dihentikan karena sudah memenuhi sasaran.

 


Full Text:

PDF

References


Ditjend PMPTK. (2008). Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah ( School Action Research). Jakarta.

Djamarah, S.B dan Aswan, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar . Rineka Cipta. Jakarta.

Rudi Susilana dan Cepy Riyana. (2007). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan Pemanfaatan dan Penilaian. Wacana Prima. Bandung.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

Flag Counter