Implementasi Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Saat Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah Pagar Alam

Maya Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis Implementasi Strategi pemasaran jasa pendidikan pada masa pandemi Covid-19 serta menganalisis faktor yang mempengaruhi Implementasi Strategi pemasaran jasa pendidikan pada masa pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan pada masa pandemi covid-19 di SMK Muhammadiyah Pagaralam yang difokuskan pada kegiatan positioning menunjukkan bahwa implementasi kegiatan positioning di SMK Muhammadiyah pada masa pandemi covid-19 telah diterapkan dengan baik dalam keadaan pandemi covid-19. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya beberapa indikator dalam implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan pada kegiatan positioning yakni: pertama, lembaga pendidikan menyediakan atribut pemasaran atau media pemasaran, lembaga mendeskripsikan prospek bagi lulusan serta memberikan informasi yang valid terkait pembiayaan pendidikan pada kegiatan positioning. Adapun faktor pendukung kegiatan positioning pada masa pandemi covid-19 ini yakni: latar belakang pendidikan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pendidik dan civitas akademik memiliki latar belakang yang relevan dengan bidang yang kerjakan, selain itu SMK Muhammadiyah juga memiliki sarana dan prasarana yang memadai hal lainnya yang menjadi faktor pendukung adalah letak sekolah yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen pendidikan. Sedangkan faktor penghambat adalah penetapan harga atau biaya pendidikan yang harus mampu bersaing pada masa pandemi covid-19, penawaran produk pendidikan juga mengalami kesulitan pada masa pandemi covid-19 dikarenakan keterbatasan akses untuk melakukan kegiatan promosi.

Keywords


pemasaran jasa pendidikan, strategi positioning

Full Text:

PDF

References


Ade Wulandari. (2021). Observasi. SMK Muhammadiyah Pagar Alam.

Adiwijaya, Michael. (2007). Analisa Strategi Reposisi Merek Dalam Persaingan Pasar.

Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(2).

Aliyanti, Tika Novi. (2019). Implementasi StrategiSTP(Segmentasi,Targeting, Positioning) di PT. Mina Wisata Islami Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Dimyati, Mohamad. (2018). Pendekatan Hayati: Strategi Pemasaran Untuk Menghadapi Persaingan Yang Dinamis.

Faizin, Imam. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Madaniyah, 7(2): 261–83.

Firdianti, Arinda. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing.

Hasan, Ali. (2015). Tourism Marketing.

Ika Pratiwi, Amaliyah, A. ., & Puspita Rini, C. . (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DI KELAS IV MI AL-KAMIL KOTA TANGERANG. Berajah Journal, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.43

Karamoy, Sandy Wulan. (2013). Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk KPR BNI Griya. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Karsini. “Wawancara.” Pagar Alam: SMK Muhammadiyah Pagar Alam, 2021.

Kembuan, Precylia Cyndi, Lisbeth Mananeke, and Agus Supandi Soegoto. (2014). Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Pembiayaan Mobil Pada PT. Adira Dinamika Multifinance Tbk Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Kristanto, Jajat. (2013). Manajemen Pemasaran Internasional: Sebuah Pendekatan Strategi. Lasdi. “Wawancara.” SMK Muhammadiyah Pagar Alam, 2021.

Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media. Qomar, Mujamil. (2016). Manajemen Pendidikan Islam.

Riinawati, R. (2021). Education Financial Management during Covid-19 Pandemic of Islamic Universities in South Kalimantan. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 383-396.

Sadlan. “Wawancara.” SMK Muhammadiyah Pagar Alam, 2021. Sugiyono, D R. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung Alf. Tjiptono, Fandy. (2019). Pemasaran Jasa.

Yuliana, Rahmi. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Sepeda Motor Matik Berupa Segmentasi, Targeting, Dan Positioning Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Semarang. JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 5(2): 79–92.

Zaini Dahlan, S.Pd.I., M.Pd.I., M. . (2022). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM: LANDASAN DASAR, KONSEP, DAN APLIKASI. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i2.6




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/moe.v8i1.6244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Management of Educatioan indexed by:

  

 

VISITORS: View My Stats 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License