AL-WALAYAH (KEWALIAN) DALAM PANDANGAN IBN ARABI

Authors

  • Muhammad Rif’at dosen tetap Fakultas Dakwah IAIN Antasari, menyelesaikan S.2 pada PPs IAIN Antasari Program Studi Filsafat Islam, Konsentrasi Ilmu Tasawuf

DOI:

https://doi.org/10.18592/khazanah.v7i1.3034

Keywords:

Al-walayah, ma’rifah, insan kamil

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memperoleh kejelasan mengenai pandangan al-walayah Ibn Arabi, meliputi: hakikat, ciri, keistimewaan, tingkatan wali dan konsep khatam al-awliya. Ibn Arabi menggunakan istilah wali untuk semua orang suci, termasuk nabi dan rasul. Kerasulan dan kenabian sebagai pangkat dalam kewalian adalah bersifat temporal, tetapi kewalian itu sendiri bersifat permanen. Khatam al-anbiya mempunyai kedudukan yang sebanding dengan khatam al-awliya. Namun mengenai kedudukan antara nabi dan wali, ini bisa dilihat dari ungkapannya,”andaikata kasyaf awliya bertentangan dengan undang- undang nabi, maka yang harus diikuti adalah undang-undang nabi. Seorang wali berhak meniadakan dan mengubah hukum Islam apapun yang berdasarkan ijtihad, tapi bukan terhadap hukum yang diwahyukan kepada nabi”.

References

Affifi, A.E., The Mystical Philosophy of Muhyi ad-Din Ibn al-Arabi, Terj. Syahrir Mawi dan Nandi Rahman, Gaya Media Pratama, Jakarta, 1995.

Ammar Thalibi, Ara Abi Bakr Ibn al-Arabi al-Kalamiyyah, al-Syirkah al Wathaniyyah, Aljazair, tt.

Asmaran, Pengantar Studi Tasawuf, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1994.

Harun Nasution (ed.), Ensiklopedia Islam Indonesia, Djambatan, Jakarta, 1992.

Ibn Arabi, al-Futuhat al-Makiyyah, Jilid III, Pengantar Mahmud Mathraji, Dar al-Fikr, Beirut, 1414 H/1994 M.

--------, Fusus al-Hikam, diedit dan dikomentari oleh Abu al-A’la al- Afifi, vol. I, Dar al-Kitab al-Arabi, Beirut, 1980.

Izutsu, T., Ibn Arabi, The Encyclopedia of Religion, diedit oleh Mircea Eliade, 16 vol., Macmillan dan Collier Macmillan, New York dan London, 1987.

Kautsar Azhari Noer, Ibn al-Arabi Wahdat al-Wujud Dalam Perdebatan, Paramadina, Jakarta, 1995.

Khalil ibn Aybak Safadi, al-Wafi bi al-Wafayat, tp., Wiesbaden, 1966. Maqqari, al, Naf al-Tib, diedit oleh Ibn Abbas, tp., Beirut, 1968. Muhammad Mahdi al-Istanbuli, Ibn Taimiyah: Bathal al-Ishlah ad-Diniy, Dar al-Ma’rifah, Damaskus, 1977.

Muhammad Musthafa Hilmi, al-Hayat al-Ruhiyyah fi al-Islam, al- Hai’at al-Mishriyyah al-Ammah li al-Kitab, Cairo, 1984.

R.W.J., Sufis of Andalusia, Geoge Allen & Unwin Ltd, London, 1971.

Robson, J., Ibn al Arabi, The Encyclopedia of Islam, New Edition, Luzac dan Brill, London dan Leiden, 1979.

Published

2009-04-19

How to Cite

Rif’at, M. (2009). AL-WALAYAH (KEWALIAN) DALAM PANDANGAN IBN ARABI. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 7(1), 71–98. https://doi.org/10.18592/khazanah.v7i1.3034

Issue

Section

Articles