Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Bubungan Tinggi

Authors

  • Muhammad Amin Paris Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Said Salman Wahyuda Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.7709

Keywords:

Rumah Adat Bubungan Tinggi, Etnomatematika, Eksplorasi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui makna filosofis rancangbangun rumah adat Banjar serta mendeskripsikan rancang bangun rumah adat Banjar dalam perspektif Etnomatematika yang ditinjau dari aktivitas Etnomatematika dan konsep Matematika. Penelitian ini terfokus mengenai filosofi rumah adat Banjar dalam aktivitas etnomatematika berupa aktivitas menghitung, aktivitas menentukan lokasi, dan aktivitas rancang bangun serta berbagai konsep matematika meliputi aspek kajian geometris berupa geometri dimensi dua dan geometri dimensi tiga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang mana dalam analisis datanya tidak menggunakan analisis statistik, tetapi lebih banyak secara naratif dan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan Etnografi. Subjek dalam penelitian ini disebut sebagai narasumber atau ahli sejarah dari rumah adat Banjar yang mempunyai pemahaman tentang sejarah dan bentuk dari rumah adat Banjar yang dapat dikaji menggunakan etnomatematika. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah Rumah Adat Banjar Bubungan Tinggi. Data yang dikumpulkan dapat bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata atau  gambar. Data bisa didapat dari hasil interview, catatan observasi lapangan, foto, sumber dari arsip, dokumen pribadi dan dokumen resmi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dilanjutkan dengan memeriksa keabsahan data.Berdasarkanhasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bagian rumah adat Banjar Bubungan Tinggi memiliki makna filosofis yang mendalam terkait dengan kehidupan masyarakat Banjarmasin baik hubungan dengan manusia maupun dengan sang pencipta.

References

Aqli, Wafiqul. (2011). Anatomi Bubungan Tinggi sebagai RUma Tradisional Utama daam Kelompok Rumah Banjar, Jurnal NALARs, 10(1), 71-82

D’Ambrosio, U. (2001). In My Opinion: What Is Ethnomathematics, and How Can It Help Children in Schools? Teaching Children Mathematics, 7(6), 308–310. https://doi.org/10.5951/TCM.7.6.0308

Masrura, Inaya, Siti & Herna & Ajmin. Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika). 2020.

Mentayani, Ira & Andini, Nadya, Dila. 2007. Tipologi dan Morfologi Arsitektur Suku Banjar di Kal-Sel. Vol. 8 No. 2. h. 116-117.

Setyowati, Etnografi Sebagai Metode Pilihan Dalam Penelitian Kualitatif di Keperawatan, dalam Jurnal JKI (Jurnal Keperawatan Indonesia), 2006.

Siti Maimunah. Rumah Adat Banjar Bubungan Tinggi. Eprints. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. 2018.

Sugiyono. Metoelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantiatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2017.

Tandililing, Pitriani, 2015 Etnomatematika Toraja (Eksplorasi Geometri Budaya Toraja), Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 1(1), 50-51.

Wahyudin. Pendidikan Matematika Etnomatesia. Prosiding Seminar Nasional 2018. 3-4.

Zakky. Pengertian Eksplorasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum. dalam Zona Referensi. 23 Februari 2020. h. 1.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles