PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN KONVENSIONAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA

Authors

  • Ahmad Zaini

DOI:

https://doi.org/10.18592/jpm.v2i1.1164

Keywords:

pendekatan matematika realistik, konvensional, dan kemampuan komunikasi matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dan konvensional ditinjau dari kemampuan komunikasi matematik siswa.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent comparison-group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Banjarmasin yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas. Penentuan sampel diambil dengan memilih kelas secara acak untuk dikenai perlakuan dengan pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik dan pendekatan konvensional. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrument tes kemampuan komunikasi matematika. Koefesien reliabilitas instrumen tes adalah 0,711, dengan SEM adalah 1,741. Untuk mengetahui efektif atau tidaknya pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dan pendekatan konvensional pada masing-masing variabel, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan pembelajaran pada pendekatan matematika realistik dan pembelajaran konvensional, data dianalisis secara multivariat dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan ditindaklanjuti dengan analisis secara univariat pada taraf signifikansi 0,025 untuk pengujian dua arah.Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika; 2) pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematik siswa; dan 3) pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dari pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan komunikasi matematik siswa.

References

Allen, M. J. , & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Monterey: Brooks/Cole Publishing company.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Depdinas.

Gay, L.R. (1986). Educational research: Competencies for analysis & application. (3thed). Columbus, Ohio : Merrill Corporation.

Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing realistic mathematics education. Utrecht: CD- β press.

Marsigit. (2011). Implementasi pendidikan karakter dalam pendidikan matematika. FMIPA. Univeristas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

National Council of Teacher Mathematics (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.

Ontario Ministry of Education’s. (2005). The Ontario Curriculum, Grades 1-8: Mathematics. Ontario: Queen’s Printer for Ontario.

Sahat Saragih. (2007). Mengembangkan kemampuan berpikir logis dan komunikasi matematik siswa sekolah menengah pertama melalui pendekatan matematika realistik. Disertasi Doktor. Tidak diterbitkan, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Sri Wulandari Danoebroto. (2007). Pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia dan pelatihan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Stevens, J. (2002). Applied multivariate statistics for the social sciences (4th). London: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.

Sugiman. (2011). Peningkatan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Diunduh tanggal 15 Desember 2011 dari: staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/2011_ PPM_ Iceberg_0.pdf

Suryanto. (1988). Metode statistik multivariate. Jakarta: Depdikbud.

Sutarto Hadi. (2002). Effective teacher professional development for the implementation of realistic mathematic education in Indonesia. Disertasi Doktor. Tidak Diterbitkan, University of Twente, Utrecht.

_________, (2005). Pendekatan matematika realistik dan implementasinya. Banjarmasin: Tulip.

Tatang Herman (2007). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa SMP. Cakrawala pendidikan, th XXVI No.1. Bandung: UPI.

Downloads

Published

2017-04-19

Issue

Section

Articles