Kajian Terhadap Perkawinan Santri Pada Pondok Pesantren Di Kalimantan Selatan

Authors

  • Muhammad Fahmi Al-Amruzi
  • Ergina Faralita

DOI:

https://doi.org/10.18592/al-banjari.v21i2.8507

Keywords:

Pernikahan, Santri, Pesantren, Kalimantan Selatan

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep dan kehidupan rumah tangga santri pondok pesantren yang telah melakukan pernikahan. Penelitian ini berusaha untuk melihat para santri di beberapa Pesantren di Kalimantan Selatan yang mendapatkan izin dari Kiyai (guru). Metode yang digunakan dalam penelitian ini lebih pada kajian lapangan dengan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan lokasi penelitian di Kalimantan Selatan dengan perwakilan setiap pesantren yang diteliti adalah pimpinan, guru, dan santri yang melangsungkan pernikahan pada masa sekolah di pesantren. Hasil temuan penelitian ini adalah bahwa pernikahan yang dilakukan oleh santri bedasarkan asas hukum dan Undang-undang Pernikahan, meskipun ada juga yang sirri. Alasan pernikahan tersebut karena khawatir dengan masa pergaulan bebas sekarang ini dan menjaga santri agar tetap focus dalam mengembangkan keilmuannya.  This study aims to find the concept and household life of Islamic boarding school students who have married. This research attempts to look at the students in several Islamic boarding schools in South Kalimantan who have obtained permission from the kiyai (teacher). The method used in this research is more of a field study with a descriptive-qualitative approach with research locations in South Kalimantan with representatives of each pesantren studied being leaders, teachers, and students who married during their school years at the pesantren. The findings of this study are that marriages carried out by santri are based on legal principles and the Marriage Law, although there are also those who are sirri. The reason for the marriage was because they were worried about the current promiscuity period and keeping the students focused on developing their knowledge. 

References

Adib, Abdul. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren.” Jurnal Mubtadiin 7, no. 01 (2021): 232–46.

Al Munir, M. Ied. “Tinjauan Terhadap Metode Empirisme dan Rationalisme.” Jurnal Filsafat 38, no. 3 (t.t.): 234–45.

Amidjaja, Rosad, Syarief Hidayat, dan Subiarto Martono. Pola kehidupan santri pesantren buntet desa mertapada kulon kecamatan Astanajapura kabupaten Cirebon. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara (Javanologi), 1985.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta, 1992.

Bruinessen, Martin van. Kitab kuning, pesantren, dan tarekat: tradisi-tradisi Islam di Indonesia. Mizan, 1995.

Cramer, Sarah E., dan Anna L. Ball. “Wild Leaves on Narrow STEMs: Exploring Formal and Non-formal Education Tensions Through Garden-Based Learning.” Journal of Agricultural Education 60, no. 4 (2019): 35–52.

Daulay, Haidar Putra. Historisitas dan eksistensi pesantren sekolah dan madrasah. Tiara Wacana Yogya, 2001.

Departemen Agama, R. I. “Pondok pesantren dan madrasah diniyah pertumbuhan dan Perkembangannya.” Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003.

Efendi, Saparudin, Nakzim Khalid Siddiq, Maulana Syekh Yusuf, dan Wirajaya Kusuma. “Penyuluhan Hukum Pencegahan Pernikahan Usia Anak di Pondok Pesantren Al-Fathiyah Desa Lendang Are.” Jurnal Mengabdi dari Hati 1, no. 2 (2022): 69–74.

Hafidzi, Anwar. “FIQH READING SKILLS OF SANTRI BASED OF COMMUNITY EDUCATION AT THE AL-FALAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL, BANJARBARU, SOUTH KALIMANTAN.” Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 20, no. 2 (26 Agustus 2021). https://doi.org/10.18592/al-banjari.v20i2.7025.

Haningsih, Sri. “Peran strategis pesantren, madrasah dan sekolah islam di Indonesia.” El Tarbawi 1, no. 1 (2008).

Izzah, Iva Yulianti Umdatul. “Perubahan Pola Hubungan Kiai dan Santri Pada Masyarakat Muslim Tradisional Pedesaan.” Jurnal Sosiologi Islam 1, no. 2 (2011).

Shamad, Abd. “FENOMENA KEPATUHAN HIPERBOLIK SANTRI TERHADAP KIAI: STUDI KASUS SANTRI PP AINUL YAQIN GAPURA TENGAH SUMENEP.” PhD Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2015.

Downloads

Published

2022-11-15

Issue

Section

Articles