Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Konsumen Kopi Kekinian Terhadap Minat Beli Kopi Kekinian Yang Telah Memiliki Sertifikasi Halal

Frida Alfi Hidayati, Prayudi Setiawan Prabowo

Abstract


Sebagai seorang umat Islam terdapat aturan mengenai kegiatan konsumsi yang dilakukan dalam kehidupan, dimana segala sesuatunya haruslah dipastikan kehalalannya, terutama kegiatan konsumsi makanan dan minuman. Pada saat ini kopi kekinian begitu populer di kalangan masyarakat. Dengan beragam variasinya tidak hanya kopi dicamur gula atau susu yang dapat terus menarik minat masyarakat, terutama yang berada di kota besar, namun sangat disayangkan, karena masih banyak kopi kekinian yang belum memiliki sertifikasi halal dari LPPOM MUI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengetahuan dan religiusitas konsumen kopi kekinian terhadap minat beli kopi kekinian yang telah bersertifikasi halal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data primer diperoleh melalui kuisioner dengan skala likert sebagai skala penentu sikap atas pernyataan dari 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan religiusitas berpengaruh positif juga signifikan terhadap minat beli baik secara parsial maupun simultan. Dalam pengarunya, pengetahuan yang dimiliki oleh para mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini menunjukkan jika tingkat pendidikan seseorang dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang itu juga. Sedangkan untuk religiusitas seseorang yang tidak dapat diandalkan responden oleh fakotr usia dapat ditunjukkan dengan banyaknya pilihan minat beli yang didasarkan oleh agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan religiusitas berpengaruh positif juga signifikan terhadap minat beli baik secara parsial maupun simultan. Dalam pengarunya, pengetahuan yang dimiliki oleh para mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini menunjukkan jika tingkat pendidikan seseorang dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang itu juga. Sedangkan untuk religiusitas seseorang yang tidak dapat diandalkan responden oleh fakotr usia dapat ditunjukkan dengan banyaknya pilihan minat beli yang didasarkan oleh agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan religiusitas berpengaruh positif juga signifikan terhadap minat beli baik secara parsial maupun simultan. Dalam pengarunya, pengetahuan yang dimiliki oleh para mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini menunjukkan jika tingkat pendidikan seseorang dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang itu juga. Sedangkan untuk religiusitas seseorang yang tidak dapat diandalkan responden oleh fakotr usia dapat ditunjukkan dengan banyaknya pilihan minat beli yang didasarkan oleh agama. 

References


Al-Maragi, Ahmad Mustafa. Tafsir Al-Maragi. Juz 2. Semarang: PT. Karya Toha Putra, 1993.

Ancok, D dan Suroso, F. N. Psikologi Islami: Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1994.

Briliana, Vita, and Nurwanti Mursito. “Exploring Antecedents and Consequences of Indonesian Muslim Youths’ Attitude towards Halal Cosmetic Products: A Case Study in Jakarta.” Asia Pacific Management Review 22, no. 4 (2017): 176–84. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2017.07.012.

Cahya, Putriana. “Tren Kopi Susu Kekinian, Akankah Segera Berlalu?” IDN.Times, 2019. https://jabar.idntimes.com/news/indonesia/putriana-cahya/tren-kopi-susu-kekinian-regional-jabar/full.

Hermanto, Edwin. “The Analysis of Religiosity and Country of Origin Influence Towards Purchase Intention with Consumer Attitudes as The Intervening Variable in KFC Pandanaran Semarang (Case Study in FE UNISSULA’S Students).” International Jurnal of Islamic Business Ethics (IJIBE) 3, no. 2 (2018): 473–82.

Hidayati, Tri Asih, Suharyono, and Dahlan Fanani. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Konsumen.” Administrasi Bisnis (JAB) 2 No. 1 (2013).

Jalaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Jawa Timur, BPS. “Jumlah Perguruan Tinggi, Mahasiswa Dan Tenaga Edukatif (Negeri Dan Swasta Di Bawah Kemetrian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Menurut Kabupaten/ Kota Di Jawa Timur Tahun 2018/ 2019,” 2019. https://jatim.bps.go.id/statictable/2019/10/09/1658/jumlah-perguruan-tinggi-mahasiswa-dan-tenaga-edukatif-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementrian-riset-teknologi-dan-pendidikan-menurut-kabupaten-kota-di-jawa-timur-2018-2019-.html.

KBBI. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online),” 2020. https://kbbi.web.id/kini.

———. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online),” 2020. https://kbbi.web.id/minat.

———. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online),” 2020. https://kbbi.web.id/pengetahuan.

———. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online),” 2020. https://kbbi.web.id/religius.

Kurniawan, Didi. “Kedai Kopi Di Indonesia Hampir Mencapai 3.000 Gerai.” VOI.id, 2019. https://voi.id/artikel/baca/925/kedai-kopi-di-indonesia-hampir-mencapai-3-000-gerai.

Lucas, D. B dan Britt, S. H. Advertising Psychology and Research. New York: Mc Graw- Hill, 1950.

Maghfiroh As’alul, Zainul Arifin, Sunarti. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 40, no. 1 (2016): 132–40.

Menteri Agama Republik Indonesia. PMA No. 26 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (2019).

MUI (Majelis Ulama Indonesia). Fatwa MUI No. 11 Tahun 2009 Tentang Hukum Alkohol (2009).

———. Fatwa MUI No. 4 Tahun 2003 Tentang Standardisasi Fatwa Halal (2003).

Mutmainah, Lu. “Halal Certification , and Food Ingredients on Purchase Intention of Halal Food The Role of Religiosity , Halal Awareness , Halal Certification , and Food Ingredients on The Purchase Role of Religiosity , Awareness , Intention Halal of Halal Food The Role.” (HTIFAZ) Journal of Islamic Economics, Finance and Banking 1, no. 1 dan 2 (2018).

Notoadmodjo, Soekidjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

———. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Rohmatun, Karina Indah, and Citra Kusuma Dewi. “Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap.” Jurnal Ecodemica 1, no. 1 (2017): 27–35.

Schiffman, Leon G dan Kanuk, Beslie Bazar. Perilaku Konsumen. Ketujuh. PT. Indes, 2008.

Septyaningsih, Lit. Dan Nora Azizah. “Bisnis Ready to Drink Coffee Terus Meningkat.” Republika.co.id, 2019. https://gayahidup.republika.co.id/berita/q2ngyv463/bisnis-emready-to-drink-coffeeem-terus-meningkat.

Sjamsuri. Pengantar Teori Pengetahuan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, 1989.

Sugianto, Danang. “Hasil Riset: Kedai Kopi Di RI Bertambah 2.000 Dalam 3 Tahun.” Detik Finance.com, 2019. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4826275/hasil-riset-kedai-kopi-di-ri-bertambah-2000-dalam-3-tahun.

Utami, Ruri Putri, and Hendra Saputra. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik Di Pasar Utami, Ruri Putri Saputra, Hendrasambas Medan 1).” Jurnal NIAGAWAN 6, no. 2 (2017): 44–53.

Vristiyana, Visca Mirza. “Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Penilaian Produk Halal Dan Minat Pembelian Produk Halal.” EKOBIS 20, no. 1 (2019): 85–100.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/at-taradhi.v12i1.4354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


At-Taradhi: Jurnal Ilmu Ekonomi

Indexed By :

                     
 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.