Profesi arsiparis sebagai sumber daya manusia dalam mengelola arsip statis

Authors

  • Wahfiuddin Rahmad Harahap Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v7i15.3759

Keywords:

arsiparis, arsip statis, profesi, sumber daya manusia

Abstract

Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk memberikan deskripsi konseptual dan teoritis tentang sumber daya manusia dalam sistem manajemen arsip statis dengan menggunakan metode kajian literatur yang didapat dari berbagai sumber terpercaya. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola arsip statis melalui program pendidikan dan pelatihan arsip akan meningkatkan kemampuan arsiparis sebagai sumber daya manusia pengelola arsip di lembaga arsip. Hal ini dikarenakan arsiparis adalah aset yang paling penting dalam mengelola informasi berupa arsip statis di lembaga arsip. Peningkatan profesionalitas sumber daya manusia arsip harus dilakukan melalui pelatihan dan bimbingan arsip.

Author Biography

Wahfiuddin Rahmad Harahap, Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Raden Fatah Palembang

Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Raden Fatah Palembang

References

Elizabeth, Shepherd, Developing A New Academic Discipline UCL’s Contribution To The Research And Teaching Of Archives And Records Management.Aslib Proceedings: New Information Perspectives. Vol. 58 No. 1/2, 2006.

Glenda, Acland, Glossary. 1993. Dalam Judith Ellis. Keeping Archives. (2nd Ed.). Port Melbourne: Dw Thrope.

Indonesia. Arsip Nasional Republik Indonesia. 2012. Melestarikan Memori Kolektif Bangsa. Jakarta: ANRI.

Istiana, Purwani. 2014. Layanan Perpustakaan, Yogyakarta: Ombak.

Iwan M, Bambang. Arsiparis Sebagai Profesi Dan Standar Kompetensinya (Menguak Konsep Jabatan Fungsional Arsiparis). Majalah Arsip: Media Kearsipan Nasional. Edisi 51, 2009. Jakarta: ANRI.

Kistanto, Nurdien H. 2014. Etika Profesi Kearsipan. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Malayu, Hasibuan, S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Michael J, Kurtz. 1988. Archival Management. Dalam James Gregory Bradsher (Ed.). Managing archives and archival institutions. Chicago: The University of Chicago Press.

Nurmaningsih, Dwi. 2009. Pengembangan Jabatan Fungsional Arsiparis untuk Meningkatkan Profesionalisme Di Bidang Kearsipan. Jurnal Kearsipan Vol 4/ ANRI/ 12/ 2009, Jakarta: Pusat Pengkajian Dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip Nasional RI.

Suwarno, Wiji. 2010. Ilmu Perpustakaan Dan Kode Etik Pustakawan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Schauder, Kennedy, Jay, Cherryl. 1998. Records Management A Guide To Corporate Record Keeping. South Melbourne: Addison Wesley Longman.

Society Of American Archivists (SAA). 1999. College And University Archives Section. Guidelines For College And University Archives.

Widyarsono, Sumrahyadi, Toto. 2014. Manual Kearsipan. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-06-24

How to Cite

Harahap, W. R. (2020). Profesi arsiparis sebagai sumber daya manusia dalam mengelola arsip statis. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.18592/pk.v7i15.3759

Issue

Section

Articles