KAJIAN EKSPLORATIF TENTANG IMPLEMENTASI MODEL PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI ISLAM DI YOGYAKARTA Studi Kasus Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Authors

  • SITI WAHDAH UIN ANTASARI

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v7i13.3147

Abstract

ABSTRAKInternet telah menjadi salah satu alat bantu bagi masyarakat dalam berkomunikasi, berbagi, mencari, dan menemukan informasi, sehingga dewasa ini menyebabkan perubahan konsep dalam pengelolaan koleksi, khususnya yang berbasis digital di perpustakaan. Implikasi dari penomenal tersebut menyebabkan banyak perpustakaan yang mulai belomba-lombang untuk membangun perpustakaan digital demi memberikan pelayanan dan kemudahan akses seluas-luasnya bagi masyarakat pemustaka. Tulisan ini mencoba menyajikan hasil eksplorasi terkait dengan model pengembangan perpustakaan digital yang diimplementasikan oleh perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Berdasarkan hasil yang telah ditemukan, bahwa perpustakaan tersebut mengiplementasikan model DELOS, dengan kriteria diantaranya berbentuk virtual, implementasi perangkat lunak, sistem manajemen perpustakaan digital dan sebagainya. Meskipun demikian, selain koleksi yanG berbasis teks, disarankan menambah koleksi yang berformat video, maupun audio visual  untuk melengkapi kebutuhan pengguna, dan memperluas jalur akses ke berbagai sumber informasi lain. Kata Kunci: Perpustakaan Digital, Koleksi Digital, Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

References

Arianto, M. Solihin dan Ahmad Subhan (2012). Isu-isu Pengembangan Perpustakaan Digital di Indonesia. Jurnal FKP2T: Media Komunikasi Ilmiah Perpustakaan Perguruan Tinggi. Tahun 4, Nomor 1, Juni 2012. Dalam http://digilib.uin-suka.ac.id.

----------------------- (2011), Bercermin pada Gerakan Open Acces: Menghilangkan Kesenjangan Akses Informasi dalam Layanan Perpustakaan, dalam The Key Word: Perpustakaan di Mata Masyarakat, cet. I. Yogyakarta: Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Perpustakaan Kota Yogyakarta dan Blogfam.com.

Chowdhury G. G. & Chowdhury S. (2003). Introduction to Digital Libraries. London: Facet Publishing.

Digilib Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam http://digilib.uin-suka.ac.id/l, diakses tanggal 13 Februari 2014.

Hasanah, Nanan (2010), Implementasi Perpustakaan Digital di Institut Teknologi Bandung, Bogor : Jurnal Pustakawan Indonesia volume 6 nomor 1.

Johnson, Kay and Magusin, Elaine (2005).Exploring the Digital Library: A Guide for Online Teaching and Learning. San Francisco: Jossey-Bass

Ian H. Witten, David Bainbridge and David M. Nichols (2010), How to Build a Digital Library, 2nd ed. Amsterdam: Elsevier.

Putu Laxman Pendit dkk (2007), Perpustakaan Digital Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.

------------------------(2008), Perpustakaan Digital dari A – Z. Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri.

------------------------(2009), Perpustakaan Digital: Kesinambungan & Dinamika. Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri

Saleh, Abdul Rahman (2013). Pengembangan Perpustakaan Digital: Teori dan Praktik Tahap Demi Tahap. Bogor: Rumah Q-ta Production.

Ted, Lucy and Large, Andrew, (2005). Digital Libraries: Principles and Practice in a Global Environment. Munchen: K.G. Saur

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

WAHDAH, S. (2023). KAJIAN EKSPLORATIF TENTANG IMPLEMENTASI MODEL PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI ISLAM DI YOGYAKARTA Studi Kasus Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(2), 56–75. https://doi.org/10.18592/pk.v7i13.3147