Model Analisis Jalur Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Siswa dan Metode Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

Muhammad Amin Paris, Wahdatun Nufus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung, tidak langsung dan keseluruhan motivasi belajar, disiplin siswa, dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 23 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi kausal dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX, dengan jumlah siswa sebanyak 240 siswa. Teknik simple random sampling digunakan untuk sampel 120 siswa dari kelas IX A sampai H dari populasi ini. Teknik pengumpulan data menggunakan model skala likert angket, tes, wawancara dan dokumen. Kuesioner dan tes diuji validitas dan reliabilitas sebelum penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan asosiatif. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis jalur dengan bantuan software Lisrel 8.80, yang terdiri dari beberapa hipotesis klasik yang harus dipenuhi yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar, disiplin siswa dan metode pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan secara langsung, tidak langsung dan secara keseluruhan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 23 Banjarmasin.


Full Text:

PDF

References


Djaali. Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama. 2008.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.

Emzir. Metodologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. 2008.

Ghozali, Imam & Fuad. Structural Equation Modelling: Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Program Lisrel 8.80. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2005.

Haryono, Siswono. Metode SEM untuk Penelitian Manajemen: Amos, Lisrel, PLS. Jakarta: Luxima Metro Media. 2017.

Nuraida, Ida. Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya Vol. 1 No. 2 Maret. 2017.

Nurfajriah, Suci & Linda Erianef. Pengaruh Metode Demonstrasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Kuliah Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan Vol. 2 No. 1. 2018.

Payadnya, I Putu Ade Andre. Panduan Penelitian Eksperimen beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish. 2018.

Prawiyogi, Anggy Giri. Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendikia Purwakarta. 2020.

Rahayu, Suci. Aplikasi Metode Trimming Pada Analisis Jalur dalam Penentuan Model Kausal Loyalitas Pelanggan Toserba ‘X’”. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. 2013.

Safitri. Nawang Galuh, dkk. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penerapan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. 2020.

Sahidin, Latief & Dini Jamil. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa tentang Cara Guru Mengajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo. 2013.

Sarwono, Jonathan. Mengenal Path Analysis: Sejarah, Pengertian dan Aplikasi Vol. 11 No. 2 November. 2011.

Sarwono, Jonathan & Hendra Nur Salim. Prosedur-Prosedur Populer Statistika untuk Analisis Data Riset Skripsi. Yogyakarta: Gava Media. 2016.

Siswanto & Suryanto. Metodologi Penelitian Kuantitatif Korelasional. Klaten: Bossscript. 2018.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.

Zalsabella, Meinanda Putri, dkk. Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Perasaan Tertekan Pada Siswa Kelas Tujuh SMP Saat Memahami Konsep Matematika Vol. 3 No. 2 Desember. 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Amin Paris, Wahdatun Nufus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Jurnal PTK dan Pendidikan Indexed by:

         

 

 

 

 Jurnal PTK dan Pendidikan license by Creative Comons Aribututtion 4.0 International License

View My Stats View My Stats