Meningkatkan Hasil Belajar Hidrokarbon dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Berbantuan Media Buletin

Panut Panut

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar (kognitif), dan respon siswa terhadap penggunaan media buletin dengan bantuan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam pembelajaran hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi, analisis, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas X.4 SMAN 8 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, tes hasil belajar, dan angket respon. Daya dianalisis dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model berbantuan media buletin CIRC dapat meningkatkan skor aktivitas 53 guru dari siklus I menjadi skor 71,34 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari skor 31,17 pada siklus I menjadi skor 43,33 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar kognitif siswa dari 72,70% pada siklus I, dan 96,97% pada siklus II. Siswa kelas X-6 SMA Negeri 8 Banjarmasin merespon positif pembelajaran dengan menggunakan media buletin dengan bantuan model CIRC.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2013. Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Analisis Pengaruh Pemberian Penguatan Dalam Kegiatan Pembelajaran Siswa SMA Negeri Takalar. UPT Mata Kuliah Umum UNM, Makassar.

Djamarah, S. & Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Fitriana, S. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Segiempat (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta). (online). (http://etd.eprints.ums.ac.id, diakses tanggal 3 Januari 2014).

Hairida. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Paminingsih, E. 2014. Penerapan Model Pembelajaran CIRC Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Surat atau Dokumen Kantor Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI AP 2 SMK Palebon. UNS, Semarang.

Putra, Y. D. 2010. Pengembangan Media Cetak Sebagai Media Pembelajaran Orang Dewasa dalam Format Buletin bagi Orang Tua Anak Usia Dini di Lembaga Paud Kemala Bhayangkari IX Desa Mondoroko Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. FKIP Universitas Negeri Malang, Malang.

Safitri, D. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-1 SMA Negeri KORPRI Banjarmasin Pada Konsep Hidrokarbon Dengan Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Bahan Bacaan Bergambar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Setyono, Y.A. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. FKIP Fisika Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Vol 1, No 1.

Sudijono. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Panut Panut

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Jurnal PTK dan Pendidikan Indexed by:

         

 

 

 

 Jurnal PTK dan Pendidikan license by Creative Comons Aribututtion 4.0 International License

View My Stats View My Stats