Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi

Authors

  • Windy Andriani Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5632

Abstract

Di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sangat memiliki kaitan dengan ilmu  sosiologi, yang mana ilmu sosiologi ini sendiri mengkaji tentang manusia sebagai makhluk sosial, dan juga sangat mempengaruhi pelaksanaan kehidupan masyarakat dalam lingkupnya, pada penerapannya secara nyata ilmu sosiologi ini memberikan suatu pengertian yang seirama dengan fenomena sosial yang aktual terjadi pada masyarakat, agar setiap pribadi menjadi peran sebagai anggota masyarakat yang baik dan dapat mengimbangi dengan adanya fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat pada masa sekarang, ilmu sosiologi di sini memiliki peran dalam memberikan petunjuk maupun pemahaman mengenai tata cara berkehidupan yang baik dan cara bersosial yang dapat diterima dalam lingkup masyarakat itu sendiri.  Kaitannya ilmu sosiologi dengan penggunaan metode penelitian systematic literature review atau SLR diharapkan Metode SLR ini dapat menggali lebih dalam dan tepat sasaran sehingga dapat mengamati, mengkaji, menilai serta mengartikan, penelitian yang ada dan tentunya Menarik untuk dibahas terutama pembahasannya di sini adalah mengenai ilmu sosiologi, Serta pembahasan sosiologi ini sangat dinamis karena terjadinya perubahan didalam masyarakat dari waktu ke waktu dan fenomena sosial selalu terus  berubah di dalam masyarakat,  dalam metode SLR ini sangatlah baik untuk dapat diterapkan dalam penelitian, kaitannya dalam ilmu sosiologi, pada metode SLR ini dapat dilakukan review atau menelaah suatu jurnal, artikel, buku, atau  jenis dokumen lain secara runtut dan setiap langkahnya mengikuti tata cara atau aturan yang telah ditentukan. Sehingga dalam hasil akhir penelitian dapat menunjukkan hasil yang tepat tanpa di rekayasa dan lebih kompatibel. 

References

Rasyid, M. R. (2015). Pendidikan dalam

Perspektif Teori

Sosiologi. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 274286.

Maksum, A. (2016). Sosiologi pendidikan. Malang: Madani.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem

Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.

Perry, A. & Hammond, N. (2002). Systematic Review: The Experience of a PhD Student. Psychology

Learning and Teaching, 2(1), 32–35.

Varkevisser CM, Pathmanatahn I. & Brownlee A. (2003). Designing and Conducting Health Systems

Research Projects. Canada: World Health Organization

Siswanto, S. (2010). Systematic review sebagai metode penelitian untuk mensintesis hasil-hasil penelitian (sebuah pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 21312.

Briggs et al. (2007). Patient’s Experience with Leg Ulcer: a qualitative systematic review of patient’s perception.

Francis C. & Baldesari (2006). Systematic Reviews of Qualitative Literature. Oxford: UK Cochrane Centre

Haas PJ, & Springer JF. (1998). Apllied Policy Research, Concepts and Cases. London: Garland Publishing.

Hanney S.R. et al. (2002). The Utilization of Health Research in Policy Making: Concepts, Examples and Methods of Assessment. Geneva: World Health Organization.

Kitchenham, B. (2004). Procedures for Performing Systematic Reviews. Eversleigh: Keele University.

Lewin, S. (2008). Methods to Synthesise Qualitative Evidence Alongside a Cochrane Intervention Review.

London: London School of Hygiene and Tropical Medicine.

Munro et al. (2007). Adherence to tuberculosis treatment: a qualitative systematic review of stakeholder perceptions.

Ahmadi, Abu. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Batubara, Muhyi. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press, 2004.

Fakih, Mansour. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999. Jones, Pip. “Introducing Social Theory”. Diterjemahkan oleh Achmad Fedyani Saifuddin, Pengantar Teori-teori Sosial: dari Teori Fungsionalisme hingga Post-Modernisme. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2009.

Khaldun, Ibn. “Muqaddimah Ibn Khaldun”. Diterjemahkan oleh

Ahmadie Thoha, Muqaddimah Ibn Khaldun. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008.

Langer, Beryl. “Emile Durkheim” dalam Peter Beilharz, ed. “Social Theory: A

Guide to Central Thinkers”. Diterjemahkan oleh Sigit Jatmiko, Teori-teori Sosial: Observasi Kritis terhadap Para Filosof Terkemuka. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005. Lukacs, Georg. “History and Class Consciousness: Studies in Marxist Dialectics”. Diterjemahkan oleh Inyiak Ridwan Muzir, Dialektika Marxis: Sejarah dan Kesadaran Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2010.

Downloads

Published

2022-01-06

How to Cite

Andriani, W. (2022). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5632