Pengaruh Model Pembelajaran Team-Based Project terhadap Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Authors

  • Tekad Tekad Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Rina Pebriana Politeknik Negeri Tanah Laut

DOI:

https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5445

Abstract

Tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan apakah ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan komunikasi pada mata kuliah bahasa Indonesia; (2) Mendeskripsikan apakah ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan kolaborasi pada mata kuliah bahasa Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan 1 (satu) variabel manipulasi yakni model Team-Based Project; dan 2 (dua variabel respon yakni keterampilan komunikasi dan keterampilan Kolaborasi. Penelitian didesain menggunakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. dengan menggunakan dua kelompok kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol akan mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelas ekesperimen akan mendapat pelakuan dengan model Team-Based Project. Setelah mendapat perlakuan, masing-masing kelas akan diberikan posttest untuk mengetahui keadaan akhir. Setelah itu dilakukan Uji Prasyarat Analisis Data, yakni uji normalitas dan uji homogenitas varian. Analisis data dilanjutkan dengan uji hipotesis yakni paired t-test dan independent t-test. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan komunikasi pada mata kuliah bahasa Indonesia; (2) ada pengaruh model pembelajaran Team-Based Project terhadap keterampilan kolaborasi pada mata kuliah bahasa Indonesia. Dengan demikian, model pembelajaran Team-Based Project dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran khususnya untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan keterampilan kolaborasi mahasiswa.

References

Batool, S., Nadeem, A., & Asif, M. (2018). Managing higher education quality enhancement in pakistan through communication skill to achieve international opportunities. Journal of Managerial Sciences, XII(1), 37–48.

Dipalaya, T., Susilo, H., & Corebima, A. D. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran pdeode (predict-discuss-explain-observe-discuss- explain) pada kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan komunikasi siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1713–1720.

Greenstein, L. (2013). Assessing 21st Century Skills. Corwin Press.

Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 392–396.

Raniah, D., Efendi, R., Liliawati, W., Studi, P., Fisika, P., Pendidikan, F., & Pengetahuan, I. (2018). Profil keterampilan abad 21 pada pembelajaran project based learning ( pjbl ) materi gelombang bunyi. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI), 19–24.

Ridwan, S. (2019). Intellectual capital dan knowledge management dalam inovasi dan kreasi media pembelajaran berbasis kemampuan 4c dan literasi. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 75. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2414

Saenab, S., Yunus, S. R., & Virninda, A. N. (2017). PjBL untuk pengembangan keterampilan mahasiswa: sebuah kajian deskriptif tentang peran pjbl dalam melejitkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 2(1), 45–50.

Susanti, D., & Risnanosanti. (2019). Pengembangan buku ajar untuk menumbuhkembangkan kemampuan 4c ( critical , creative , collaborative , communicative ) melalui model pbl pada pembelajaran biologi di SMP 5 Seluma. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Enterpreneurship VI, 1–9.

Downloads

Published

2022-01-07

How to Cite

Tekad, T., & Pebriana, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Team-Based Project terhadap Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5445