Persepsi Mahasiswa Teknik Informatika Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19

Nur Qomariyah Nawafilah, Masruroh Masruroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Teknik Informatika terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah matematika (kalkulus dan statistik) selama masa pandemi Covid-19. Penilaian persepsi mahasiswa dibatasi pada tiga aspek, yakni proses belajar mengajar, kapabilitas (kompetensi dosen), dan sarana dan prasarana. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi Teknik Informatika Universitas Islam Lamongan yang sedang mengambil mata kuliah kalkulus dan statistik pada semester Ganjil TA 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner secara daring melalui Google Form dan wawancara mendalam kepada beberapa mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah matematika adalah positif, dengan rincian aspek belajar mengajar sebesar 65%, aspek kapabilitas (kompetensi dosen) sebesar 74%, dan aspek sarana dan prasarana sebesar 74%.

 


Full Text:

PDF

References


Kadir, A. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa FTIK IAIN Kendari. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 1(1), 1-15.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.

Khusniyah, N., & Hakim, L. 2019. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19-33.

Maulana, Hutomo A., & Hamidi, M. 2020. Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, VIII(2), 224-231.

Mustofa, Chodzirin, & Sayekti, L. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Journal of Information Technology, 01, 154.

Novita, M. 2017. Sarana dan Prasarana yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Nur El-Islam, 4(2), 97-129.

Rusdiana, E., & Nugroho, A. 2020. Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. INTEGRALISTIK, 31(1),1-12.

Sofyana, L., & Rozaq, A. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1), 81-86.

Suyanto & Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Tantri, N. R. 2018. Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 19(1), 19-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/ptk.v7i2.4704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Qomariyah Nawafilah, Masruroh Masruroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Jurnal PTK dan Pendidikan Indexed by:

         

 

 

 

 Jurnal PTK dan Pendidikan license by Creative Comons Aribututtion 4.0 International License

View My Stats View My Stats