Evaluasi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran IPA Kelas IX di SMPN 3 Tanjung Sakti Pumi Lahat Sumatra Selatan

Authors

  • Dewy Widiyawati Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
  • Cici Dwi Putri Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
  • Ahmad Walid Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4227

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar dalam pembelajaran IPA serta mengetahui peran dan minat siswa terhadap pelajaran IPA disekolahnya.. penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskritif, dari hasil menunjukan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran di Sekolah SMPN 3 Tanjung Sakti Pumi Lahat Sumatra Selatan berdasarkan observasi awal yang didapat 75% siswa sudah mampu mencapai standar rata-rata belajar dan ada juga beberapa siswa yang belum mencapai standar rata-ratanya.

References

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sahertian, C.D. 2007. Pengaruh Metode Team Assisted Individualization Vs Individual Dan Gaya Kogtitif Terhadap Presentasi Belajar Pada Matakuliah Evaluasi Pendidikan Agama Krieten Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Ambon. Thesis Universitas Negeri Malang Pascasarjana PSSJ Teknologi Pembelajaran. Tidak dipulikasikan.

Nuriyah, N. 2014. Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori Jurnal Edueksos, Vol. III.Hal. 73-86.

Zuhud, D. A 1995. Faktor-faktor Kondusif Dalam Mempersiapkan Silabus Dan Materi Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Untuk Pnutur Asing. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Paulson, D.R & Faust, J.L. 2002. Active Learning For the College Clasroom, http://chemistry. Calstatele. Edu /Chem & Biochem/ Active/Main.htm.

Slavin, R.E. 2000. Education Psyhplpgy: Theory and Practice. Sixth Edition Boston: Ally and Bacon.

Paratama, Y. 2001. Pengembangan Model Sosialisasi Inovasi dan Supervisi Pembebalajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Disertasikan Doktor. Universitas Pendidikan Indonesia. Hal 2.

Mudakir, I. 2005. Keefektifan Penerapan Model SEQIP dalam Pembeajaran Konsep Dasar IPA di PGSD FKIP UNEJ. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2): 61-118.

Downloads

Published

2021-01-02

How to Cite

Widiyawati, D., Putri, C. D., & Walid, A. (2021). Evaluasi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran IPA Kelas IX di SMPN 3 Tanjung Sakti Pumi Lahat Sumatra Selatan. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4227