Pengembangan E-Modul Format EPUB untuk Pembelajaran Matematika Kelas X pada Materi Trigonometri

Wenni Meliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan emodul format epubuntuk pembelajaran matematika pada materi trigonometri, menguji keefektifannya dalam pembelajaran, serta mengetahui respon siswa terhadap penggunaan emodul trigonometri. Emodul trigonometri adalah modul berisi materi trigonometri yang bisa digunakan pada perangkat digital yaitu komputer, laptop, dan HP.  Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian dilaksanakan di kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen subyek ujicoba produk, dan kelas X IPS 2 MAN 1 Banjarmasin sebagai kelas kontrol, pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019.  Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Emodul Trigonometri dinyatakan valid oleh ahli dengan nilai 85,42 kategori sangat baik, (2) Emodul Trigonometri dinyatakan efektif dalam pembelajaran dengan perbedaan selisih rata-rata nilai tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 18,26. Untuk ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 84,85% siswa tuntas atau mencapai KKM, (3) Hasil respon siswa terhadap penggunaan emodul trigonometri sebesar 81,82% termasuk kategori baik. Secara keseluruhan, emodul trigonometri memiliki kriteria layak, dapat dijadikan sebagai penunjang proses belajar siswa yang dapat digunakan secara mandiri.


Full Text:

PDF

References


Darsono, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Ms. Excel Dengan VBA Pada Materi Matriks.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 103 – 112.

Prastowo, A. 2012.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Jogjakarta: Diva Press.

Rohman, M. F. 2018. Pengembangan Emodul Format Epub Sebagai Media Pembelajaran Kaidah Pencacahan. Naskah Laporan Lomba Inovasi

Slavin,R. 2008.Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi Kedelapan Jilid I.Jakarta: Diva Indeks.

Sundayana, R. 2015.Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika.Bandung: Alfabet.

Sya’roni. A. R dan Amalia, R. 2016. Pengembangan Program Aplikasi Mathematics Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Wajib Kelas X Sekolah Menengah Atas.Jurnal Edukasi Matematika, 7, 799-807.

Tim Penyusun, 2017. Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Penyusun, 2017. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Matematika SMA Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahyudin. 2008, Kurikulum, Pembelajaran, Dan Evaluasi. Bandung.

Winarni, E. W. 2018, Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research And Development. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wenni Meliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Jurnal PTK dan Pendidikan Indexed by:

                   

 

 Jurnal PTK dan Pendidikan license by Creative Comons Aribututtion 4.0 International License

View My Stats View My Stats