Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Tapin melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

Rismarini Rismarini

Abstract


Pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 harus didesain semenarik mungkin dan sedekat mungkin dengan lingkungan siswa untuk menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga dapat membangkitkan semangat siswa dalam menggali informasi dari materi yang akan dipelajari. Pembelajaran direncanakan sedemikian rupa agar siswa dapat menemukan konsep sendiri berdasarkan pengetahuan awal sehingga akan lebih bermakna. Hal ini didukung oleh pendapat dari Trianto yang menjelaskan bahwa proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan dapat dilakukan oleh siswa yang disiapkan oleh pendidik melalui kegiatan-kegiatan yang menarik, menyenangkan untuk membangkitkan rasa ingin tahu, memotivasi siswa untuk berpikir kritis, dan menemukan hal-hal baru.

Aktivitas guru kelas pada pertemuan 1 siklus I sebesar 68,8% pada pertemuan 2  siklus 1. Setelah siklus 2 mengalami peningkatan dari 77,1% pada pertemuan 1 menjadi 89,6% pada pertemuan kedua (siklus 2). Aktivitas siswa pada siklus I didominasi cukup aktif (pertemuan 1 didominasi cukup aktif dengan nilai 68,64% dan pertemuan ke 2 menjadi 72,72%. Pada siklus II meningkat yaitu dari mayoritas cukup aktif mulai meningkat ke aktivitas aktif  (Siklus II pertemuan 1) sebesar 27,28% dan cukup aktif 52,54% dan pada pertemuan ke 2 didominasi aktivitas sangat aktif sebesar 63,63% dan yang cukup aktif 31,82% (secara keseluruhan dari aktif dikategorikan sangat aktif). Hasil belajar dengan ketuntasan klasikal siklus I pertemuan pertama sebesar 63,63%, pertemuan kedua 68,18%, siklus II pertemuan pertama sebesar 77,27% dan pertemuan kedua 95,45%.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18592/ptk.v5i1.3056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rismarini Rismarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Jurnal PTK dan Pendidikan Indexed by:

                   

 

 Jurnal PTK dan Pendidikan license by Creative Comons Aribututtion 4.0 International License

View My Stats View My Stats