PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN BAGI MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN

Mahyuddin Barni

Abstract


Abstrak: Sebagai sebuah system, pendidikan terdiri dari beberapa unsur, yaitu pendidik, anak didik, tujuan, kurikulum (materi), metode, media, evaluasi, dan lingkungan. Kurikulum sebagai unsur pendidikan yang sangat penting selain pendidik, dan anak didik.

Dalam arti sempit, kurikulum dikatakan sebagai sejumlah mata pelajaran/kuliah yang harus ditempuh seorang anak didik/mahasiswa. Seorang anak didik/mahasiswa tidak dapat menyelesaikan pendidikan di sebuah institusi pendidik tertentu, kalau dia belum lulus atau menyelesaikan semua mata pelajaran/kuliah yang sudah ditetapkan.

Agar seorang anak didik/mahasiswa memiliki wawasan yang luas, dia harus banyak membaca buku, khsusnya yang menjadi buku referensi. Buku-buku ini selain dijual di toko-toko buku, juga tersedia di perpustakaan. Seorang anak didik/mahasiswa akan beruapaya mencari topik-topik yang ditentukan di buku-buku yang diperlukan. Karena itu, tidak jarang, seorang anak didik/mahasiswa berjam-jam, bahkan berhari-hari menelaah buku di rumah atau di perpustakaan.

Kehadiran teknologi komunikasi semakin mempermudah aktivitas manusia dalam hal komunikasi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan interaksi antar manusia. Kemajuan teknologi komunikasi juga berakibat pada kehadiran berbagai macam alat komunikasi yang semakin canggih, salah satunya adalah smartphone dan internet. Teknologi komunikasi semakin membantu kehidupan manusia dengan memberikan akses informasi yang tak terbatas kepada manusia dan mampu mempermudah jalinan komunikasi.

Full Text:

PDF

References


Daftar Kepustakaan

Adri, Muhammad. 2007. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Makalah dalam rangka Semiloka Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi FT Padang, 22-23 Agustus 2007. (http://muhammadadri .wordpress.com.) diambil tanggal 8 November 2009.

Bima Suhardiman, Pemanfaatan internet Dalam Meningkatkan Pengetahuan Guru di SMA MUhammadiyah 1 Tangerang, Skripsi, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, UIN Syahid, Jakarta, 2011).

Jaedun, Amat, UNY, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF.(http://staffnew. uny.ac.id/upload/131569336/pendidikan/Bahan+Pengayaan+Makalah+Sumber+Belajar.pdf. Dikutip tgl. 22 September 2019.

Lister, M., dkk. 2003. New Media : Critical Indtroduction. New York: Routledge .

Nasution, Laila Hadri. 2006. Pemanfaatan Internet Guna Mendukung Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Program Pascasarjana UNIMED. http://library.usu.ac.id/downloads/fs/06005176.pdf. diambil tanggal 8 November 2009.

Rediana Setiyani, PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI DINAMIKA PENDIDIKAN, Vol. V, No. 2, Desember 2010.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali, Jakarta, 2011

Soenhadji, Imam Murtono dkk. 2008. Prediksi Keyakinan Mahasiswa Akan Manfaat Fasilitas Studensite Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Yogyakarta: Seminar Nasional Aplikasi Tehnologi Informasi (SNATI 21 Juni 2008). Hal 25-30

William dan Sawyer. 2007. Using Information Technology. Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.