FORMULASI KONSEP MODERASI ISLAM BERBASIS KEINDONESIAAN DALAM MEREDUKSI RADIKALISME AGAMA DI INDONESIA (KAJIAN EPISTIMOLOGIS-HISTORIS)

Authors

  • Mucharom Syifa Institut Agama Islam Negeri Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.18592/msr.v2i1.3673

Abstract

Abstract: The phenomenon of Islamic religious discourse in Indonesia after the reformation is suspected to have experienced radicalism and even extremism. The explosion of terrorism in the name of Islam that has occurred since the reformation until now has made spotlight to the face of Indonesian Islam in the world. In fact, the true Islam in Indonesia is emphasizes the principle of moderate (tawassuth/washatiah) in da'wah. This characteristic of accommodative Islam is a bastion in preventing radical religious ideology. This article uses the epistemological-historical-holisitic approach to examine the concept of Islamic moderation in the context of the Indonesian nation and the shallowness of religious reasoning. As a result, there is not a single strong reference that says that the spread of Islam in the ancient archipelago was in radical ways. The history of Islam in the archipelago has experienced struggles with diverse localities. Islam exists not to break down or cut down existing local traditions and culture, but to try to dialect with the context in Islam exists. Because of its flexible nature, Islam is able to survive and develop so as to emerge a new style of Islam that is unique and does not exist in any part of the world.Keywords: Islamic Moderation, National Fiqih, Radicalism Abstrak: Fenomena wacana keagamaan Islam di Indonesia pasca reformasi ditengarai banyak mengalami radikalisme bahkan ekstrimisme. Ledakan terorisme atas nama Islam yang terjadi pasca reformasi hingga sekarang menjadikan wajah Islam Indonesia mendapat sorotan di dunia. Padahal sejatinya Islam yang ada di Indonesia adalah Islam yang mengedepankan prinsip moderat (tawassuth/washatiah) dalam berdakwah, Karakteristik Islam akomodatif inilah yang menjadi benteng pencegahan faham keagaamaan radikal. Artikel ini dengan menggunakan pendekatan epistemologis-historis-holisitik ingin menelisik konsep moderasi Islam dalam konteks bangsa Indonesia dan kedangkalan nalar beragama. Hasilnya, tak ada satupun referensi kuat yang mengatakan bahwa penyebaran Islam di Nusantara zaman dahulu adalah dengan cara-cara radikal. Sejarah Islam di Nusantara telah mengalami pergumulan dengan lokalitas yang beragam. Islam hadir bukan untuk mendobrak atau membabat habis tradisi dan budaya lokal yang ada, melainkan mencoba untuk berdialektika dengan konteks di mana Islam berada. Oleh karena sifat fleksibelnya itu, Islam mampu bertahan dan berkembang sehingga memunculkan corak keislaman baru yang khas dan tidak ada di belahan dunia manapun.Kata Kunci: Fikih Kebangsaan, Moderasi Islam, Radikalisme Agama

References

Aidid, Rizem. 2016. Sejarah Islam Nusantara. Yogyakarta: Diva Press.

Asrori, Ahmad.Radikalisme di Indonesia (Antara Historisitas dan Antropisitas), Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam. Volume 9. Nomor 2.

Choirul Ummah, Sun. 2012. Akar Radikalisme Islam di Indonesia. Humanika, No. 12.

Darajat, Zakiya. 2017. Muhammadiyah dan NU. Hayula : Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies,Vol 1 No. 1.

Darlis. 2017. Mengusung Moderasi Islam di Tengah Masyarakat Multikultural. Jurnal Rausyan Fikr. Vol. 13. No. 2.

Hisbullah. Muhammad. 2018. Dakwah Harakah, Radikalisme dan Tantangannya di Indonesia. Misykat Anwar, Vol. 9, No. 2.

Khoirurrijal. 2017. Islam Nusantara Sebagai Counter Hegemoni Melawan Radikalisme Agama di Indonesia. Akademika. Vol. 22. No. 01.

Muhammad Amin, Abd. Rauf. 2014. Prinsip dan Fenomena Moderasi Islam dalam Tradisi Hukum Islam. Jurnal Al Qalam’’. Volume 20.

Muhaimin. 2005. Studi Islam dalam Ragam Dimensi & Pendekatan. Jakarta: Kencana.

Mukti Ro’uf, Abdul. 2017. Mengurai Radikalisme Agama di Indonesia Pasca Orde Baru. Ulumuna. Vol. 9, No. 1.

Nasution, Harun. 1995. Islam Rasional. Bandung: Mizan.

Nur, Afrizal. 2015. Konsep Washathiyah dalam Al-Qur’an; (Studi Komparatif antara Tafsir Al-Tahrir wa At-Tanwir dan Aisar At-Tafasir. An-nur. Vol. 4 No. 2.

Hayatmoko. 2014. Etika Politik dan Kekuasaan. Jakarta: Kompas.

Sunanto, Musyrifah. 2014. Sejarah Peradaban Islam Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supriyanto. 2015. Perdamaian dan Kemanusiaan dalam Pandangan Islam. Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam. Volume 7. Nomor 2.

Tahir, Masnun. 2015. Wacana Fikih Kebangsaan dalam Penanggulangan dan Pencegahan Radikalisme di Lingkungan Kampus di NTB, As-Syariah, Vol. 49. No 2.

Wasik, Moh Ali. 2016. Islam Agama Semua Nabi dalam Perspektif Al-Qur’an. Esensia.Vol 17 No. 2.

Yusuf, Achmad. 2018. Moderasi Islam dalam Dimensi Trilogi Islam (Akidah, Syariah, dan Tasawuf). Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 3. Nomor 2.

Zuhdi. 2017. Radikalisme Agama dan Upaya Deradikalisasi Pemahaman Keagamaan. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam. Volume 22. No. 01.

Downloads

Published

2020-07-21

How to Cite

Syifa, M. (2020). FORMULASI KONSEP MODERASI ISLAM BERBASIS KEINDONESIAAN DALAM MEREDUKSI RADIKALISME AGAMA DI INDONESIA (KAJIAN EPISTIMOLOGIS-HISTORIS). Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.18592/msr.v2i1.3673

Issue

Section

Articles