PENERAPAN TEKNIK WORKSHOP UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PROYEKSI POWER POINT DI SLB PAB PAYAKUMBUH

Authors

  • Syaflinda Syaflinda SLB PAB Payakumbuh

DOI:

https://doi.org/10.18592/moe.v6i1.5711

Keywords:

kompetensi guru, media proyeksi, penelitian tindakan sekolah slb

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SLB PAB Kota Payakumbuh pada semester ganjil  tahun pelajaran 2019/2020 untuk mendeskripsikan  Penerapan Teknik Workshop Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembuatan Media Proyeksi Power Point Di SLB PAB Payakumbuh. Media proyeksi power point adalah media pembelajaran berbasis TIK yang dapat digunakan untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran karena dapat diisi dengan media gambar, vidio dan animasi. Temuan pada penelitian di SLB PAB Payakumbuh  yaitu terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru secara perorangan dari kegiatan pra siklus 61,6 % menjadi 72,5 % pada siklus I dan 82,5 % pada siklus II.Selain itu, penguasaan komponen media proyeksi power point juga mengalami peningkatan dari 61,6 % pada kegiatan pra siklus menjadi 76,2 % pada siklus I dan mengalami peningkatan signifikan yaitu 87,2 % pada siklus II.Berdasarkan data yang diperoleh , dapat disimpulkan bahwa tekhnik workshop sesuai untuk diterapkan dalam pembuatan media proyeksi power point karena dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SLB PAB Payakumbuh.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Dan Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setyo, Utoyo. 2015. Pembelajaran Kinestetik Pada Anak Usia Dini, Gagasan Menuju Tindakan. Gorontalo: Prosiding Nasional Seminar And International Conference, Volume 1 Nomor 01 2015.

Sumantri, M. dan Permana, J. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Subagyo, Rohmat. 2017. Metode Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Alim’s Publishing.

Tantri. 2017. www.pengertianmenurutparaahli.net

Downloads

Published

2020-02-27

Issue

Section

Articles