MENGUNGKAP RIWAYAT DAN PERJUANGAN DAKWAH SYEKH ABDUL WAHAB BUGIS

Authors

  • Zulfa Jamalie dkk Dosen tetap Fakultas Dalcwah dan Pengurus Pusat Pengkajian Islam Kalimantan (PPIK) IAIN Antasari Banjarmasin, alumnus PPS Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.18592/khazanah.v3i1.3155

Keywords:

Dakwah, Tanah Banjar, Syekh Abdul Wahab Bugis

Abstract

Sejarah permulaan masuk dan perkembangan dakwah Islam di bumi Kalimantan tidak bisa dilepaskan dari jasa, peranan, dan perjuangan para ulama serta tokoh-tokoh Islam yang hidup pada masanya. Salah satu dari tokoh tersebut adalah Syekh Abdul Wahab Bugis. Tokoh ini memang bukan orang asli banua, namun ilmu, amal, perjuangan hidup dan matinya, telah dibaktikan untuk kejayaan Islam di banua. Waiau sangat disayangkan bahwa data dan informasi tertulis ataupun catatan-catatan tertentu yang mengungkap biografi dan perjuangan hidupnya sangat sedikit, sehingga ketokohannya tidak begitu dikenal oleh masyarakat Banjar, dibandingkan dengan. tokoh ulama yang lainnya. Siapakah Syekh Abdul Wahab Bugis dan bagaimana peranan dakwahnya di tanah Banjar?

References

Ali, Yunasir. Pengantar Ilmu Tasawuf, Jakarta, Pedoman Ilmu Jaya, I 987.

Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII, Bandung, Mizan, 1994.

Basuni, Ahmad. Nur Islam di Kalimantan Selatan, Surabaya, Bina Ilmu, 1996.

Bruinessen, Martin van. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat: Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia, Bandung, Mizan. 1999.

Daudi, Abu. Maulana Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, Tuan Haji Besar. Martapura, Sekretariat Madrasah Sullamul Ulum Dalam Pagar 1996.

Departemen Agama RI. Ensiklopedi Islam, Jakarta, Ichtiar Baru Van Hoeve, 1999.

Halidi, Yusuf. Ulama Besar Kalimantan Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, Surabaya, Bina Ilmu, 1984.

Humaidy. "Tragedi Datu Abulung: Manipulasi Kuasa Atas Agama", Jumal Kandi!, Edisi 2 Tahun I, September 2003.

Jamalie, Zulfa. "Melacak Jejak Pembawa Tarekat Sammaniyah di Tanah Banjar", Jumal Khazanah, Volume II Nomor 05, September-Oktober 2003.

Marwan, Muhammad. Manakib Datu Suban dan Para Datu, Kandangan, Tako Buku Sahabat, 2001.

Masdari dan Zulfa Jamalie (ed.). Khazanah lntelektual Islam Ulama Banjar, Banjarmasin, Pusat Pengakjian Islam Kalimantan (PPIK) IAIN Antasari, 2003.

Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta, INIS, 1994. Rosyidi. Dakwah Sufistik Kang Jalal: Menentramkan Jiwa Mencerahkan Pikiran, Jakarta, Khazanah Populer Paramadina, 2004.

Sasono, Adi dkk. Solusi Islam Atas Problematika Umat, Jakarta, Gema Insani Press, 1998.

Steenbrink, Karel S. Beberapa Aspek Tentang Islam Di Indonesia Abad Ke-19, Jakarta, Bulan Bintang, 1985.

Zamzam, Zafry. Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari Sebagai Ulama Juru Dakwah Dalam Sejarah Penyiaran Islam Di Kalimantan Abad ke-13H/18 M dan Pengaruhnya di Asia Tenggara, Banjarmasin, Percetakan Karya, 1974.

How to Cite

dkk, Z. J. (2019). MENGUNGKAP RIWAYAT DAN PERJUANGAN DAKWAH SYEKH ABDUL WAHAB BUGIS. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.18592/khazanah.v3i1.3155

Issue

Section

Articles