HARMONISASI AGAMA DAN SAINS MENURUT SEYYED HOSSEIN NASR DAN IMPLEMENTASINYA BAGI PENGEMBANGAN STUDI ISLAM DI PTAI

Authors

  • Hamidi Ilhami Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari, sedang menyelesaikan studi pada Program S.3 pada IAIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.18592/khazanah.v8i2.3039

Keywords:

Agama, sains, sains sacral, ayat-ayat qauliyyah, ayat-ayat kauniyyah, integrasi, PTAI

Abstract

Ketegangan antara agama dan sains yang terjadi sejak abad ke-16 dirasakan tidak menguntungkan bagi perkembangan peradaban manusia. Kesadaran ini muncul setelah sains modern dinilai tidak bersahabat dengan alam dan manusia. Bagi Seyyed Hossein Nasr harmonisasi agama dan sains merupakan suatu keniscayaan dengan cara menghidupkan unsur metafisika pada sains modern sehingga tercipta apa yang dia sebut dengan sains sakral. Dalam rangka mewujudkan gagasan Nasr ini, peran Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) menjadi sangat signifikan mengingat paradigma keilmuan yang dikembangkannya berdasarkan integrasi antara ayat-ayat qauliyyah (sakralisasi) dan ayat-ayat kauniyyah (profanisasi). Untuk memperkuat paradigma keilmuan ini, kelembagaan PTAI selayaknya berbentuk universitas, karena pada dasarnya paradigma ilmu- ilmu ke-Islaman termasuk dalam kategori paradigma ilmu pada umumnya

References

Aslan, Adnan, Menyingkap Kebenaran, Pluralisme Agama dalam Filsafat Islam dan Kristen: Seyyed Hossein Nasr dan John Hick. Bandung, Alifya, 2001.

Bagir, Zainal Abidin, “Pluralisme Pemaknaan Dalam Sains dan Agama: Beberapa Catatan Perkembangan Mutakhir Wacana Sains dan Agama”, dalam Agama dan Sains Jurnal Relief CRCS Vol. I. Yogyakarta, CRCS, 2003.

Biografi Seyyed Hossein Nasr dalam www.nasrfoundation. org/biografi dan www.tradisionalist.org/biography/nasr

Davies, Paul, Tuhan, Doktrin dan Rasionalitas dalam Debat Sains Kontemporer. terj. Sudraja, Yogyakarta, Fajar Pustaka Baru, 2002.

Louis Leahy S. J., “Perubahan dalam Sains dan Kosmologi: Ancaman atau Sebaliknya Kesempatan Baru bagi Dimensi Religius Manusia”, dalam Sains dan Agama dalam Konteks Zaman Ini. Yogyakarta, Kanisius, 2000.

Nasr, Seyyed Hossein, Menjelajah Dunia Modern: Bimbingan Untuk Kaum Muda Muslim. terj. Hasti Tarekat, Bandung, Mizan, 1995.

-------, “The Role of the Tradisional Sceince in the Encounter of Religion and Sceince: An Oreintal Perspective”, dalam Jurnal Religious Studies, No. 20, Tahun 1983.

-------, Antara Tuhan, Alam dan Manusia. terj. Ali Noer

Zaman, Yogyakarta, IRCiSoD, 2005.

-------, Islam Antara Cita dan Fakta, terj. Abdurrahman Wahid.

Yogyakarta, Pusaka, 2001.

-------, Pengetahuan dan Kesucian. terj. Suharsono, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 1997.

--------, Tasauf Dulu dan Sekarang. terj. Abdul Hadi WM, Bandung, Pustaka Firdaus, 1985.

-------, The Needs for a Sacred Science, Albany, SUNY Press, 1993.

Sudarminta, J., Filafat Proses: Sebuah Pengantar Sistematik

Filsafat Alfred North Whitehead. Yogyakarta, Kanisius, 2002.

Surakhmad, Winarto, Dasar-Dasar Teknik Penelitian. Bandung, Tarsito, 1990.

Titus, Harold H. dkk, Persoalan-Persoalan Filsafat. terj. M. Rasjidi, Jakarta, Bulan Bintang, 1984.

Published

2009-08-19

How to Cite

Ilhami, H. (2009). HARMONISASI AGAMA DAN SAINS MENURUT SEYYED HOSSEIN NASR DAN IMPLEMENTASINYA BAGI PENGEMBANGAN STUDI ISLAM DI PTAI. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 8(2), 187–212. https://doi.org/10.18592/khazanah.v8i2.3039

Issue

Section

Articles