PENGEMBANGAN ASESMEN PORTOFOLIO MATEMATIKA DALAM SETING PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN MASALAH BERBASIS BUDAYA BATAK DI SMA

Authors

  • Bornok Sinaga Dosen FMIPA Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.18592/khazanah.v8i1.3027

Keywords:

Asesmen Portofolio Matematika, Model PBM-B3

Abstract

Akar masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kurang memuaskan, dan orientasi pembelajaran matematika yang terjadi selama ini kurang menekankan pada usaha memampukan siswa mengonstruksi pengetahuan dan penilaian yang dilakukan oleh guru belum berorientasi pada proses, sehingga siswa kurang memahami konsep dan tidak mampu memecahkan masalah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Developmental Research) yang bertujuan untuk mendapatkan suatu model Asesmen Portofolio Matematika (APM) dalam seting Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBM-B3) yang dapat mengaktifkan siswa belajar dan guru dapat mendeteksi perkembangan belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan APM- PBM-B3 ini mengacu pada model pengembangan pendidikan umum dari Tjeerd Plomp (1997) dengan memperhatikan 3 aspek kualitas material dari Nieveen, yakni aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Adapun fase-fase dalam pengembangan APM-PBM-B3 ini:1) Fase investigasi awal. Pada fase ini dilakukan analisis terhadap: (a) kebutuhan lingkungan, (b) kurikulum (c) teori-teori belajar, (d) teori asesmen; 2) Fase desain. Pada fase ini didesain perangkat APM-PBM-B3, dan desain instrumen penelitian. Kegiatan yang dilakukan pada fase ini meliputi (a) merancang buku model APM-PBM-B3, dan (b) merancang perangkat APM-PBM-B3; 3) Fase realisasi. Pada fase ini dibuat/disusun Prototipe APM-PBM-B3; 4) Fase tes, evaluasi, dan revisi. Fase ini difokuskan pada dua hal, yakni: (a) memvalidasi, dan (b) mengadakan uji coba lapangan prototipe APM-PBM-B3 yang telah disusun. Hasil validasi dari 7 (tujuh) validator menunjukkan bahwa pengembangan APM-PBM-B3 dan perangkat pendukung APM-PBM-B3 adalah valid, dan hasil uji coba pada siswa kelas I SMA Negeri 1 Balige tahun ajaran2008/2009 diperoleh: (1) perangkat pendukung pelaksanaan APM-PBM-B3 memenuhi kriteria praktis, dan (2) perangkat pendukung pelaksanaan APM-PBM-B3 memenuhi kriteria efektif

References

Agung. (1992). Statistik Deskriptif. Jakarta : Press UI.

Anam, Choirul. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Evaluasi. Surabaya : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Propinsi Jawa Timur.

Aiken, L. (1997). Psychological testing and assesment (9th Edition). USA: Allyn and Bacon.

Arends, Richard I. (1997). Classroom Instruction and Management. New York: MC Grow-Hill Companies, Inc.

Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Edisi Revisi. Jakarta :.Bumi Aksara.

Budimansyah, Dasim. (2002). Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Kimia. Bandung : PT GANESINDO.

Borich, Gary, D. (1990). Observation Skill for Effective Teaching. Englewood Cliffs : Merril Publishers.

Carin. (1993). Teaching Modern Science New York : MacMillan Publishing Compani.

Confrey, Jere. (1990b). What constructivism implies for teaching. Journal for Research in Mathematics Educations. Monograph, Number 4, 1992, p.107-122. USA: NCTM, Inc.

............, .......... (1995). A theory of intellectual development.

Journal for The Learning of Mathematics. Monograph, Number 15, June 1995, p.36-43. Canada: FLM Publishing Association.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Mata Pelajaran Matematika SMA. Jakarta: Depdiknas.

Ernest, Paul. (1991). The Phylosophy of mathematics education.

Rasing Stroke, Hamshire The Falmer Press.

Grinnell,Jr., Richard M. (1988). Social Work Research and Evaluation. Thrid Edition. Illions : F.E. Peacock Publishers,Inc.

Grounlund, Norman E. (1982). Constructing achievement test. Third Edition. Englewood Cliff: Prentice-Hall.

Gultom, Dj. Raja Marpodang. (1992). Dalihan Na Tolu Nilai Budaya Suku Batak. Medan: CV. Armanda.

Hudojo, Herman. (1988). Mengajar belajar matematika. Jakarta: Depdikbud.

----------,--------. (2001). Mengembangkan kurikulum dan pembelajaran matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UM Malang.

Ibrahim, M. (2005). Asesmen Berkelanjutan. Surabaya : Unesa University Press.

Irmawati. (2002). Motivasi berprestasi dan pola pengasuhan pada suku bangsa Batak Toba di Desa Parparean II dan suku bangsa Melayu di Desa Bogak (Studi Etnopsikologi), (TESIS). Jakarta: PPs Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Irianto, Sulistyowati. (1995). Anakhonki do hamoraon di ahu, Anak adalah harta yang paling berharga. Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Joyce, Bruce R., Weill. (1992). Model of Teaching (fourth Edition). Boston-London-Toronto-Sydney-Singapore: Allyn and Bacon Publishers.

Koentjaraningrat. (1996). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Aksara Baru.

Lie, A. (1999). Metode Pembelajaran Gotong Royong. Surabaya: UKI Petra.

Marpaung, Yansen. (2001). Implementasi pendidikan matematika realistik di Indonesia. (Makalah disajikan dalam seminar nasional). Medan: Depag Propinsi SUMUT.

Mulyasa,E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nieveen, Neike. (1999). Prototyping to Reach Product Quality.

In Jan Van den Akker,R.M Branch,K.Gustafson,N, Nieveen, & Tj. Plomp. Desaign approaches and tolls in education and training. Dordrecht, The Netherlands : Kluwer Academic Publisher.

Nur, M. (2003). Assesmen Komprehensif dan Berkelanjutan. Surabaya : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan UNESA.

----------. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Depdiknas Dirjend. Pendidikan Dasar dan Menengah. Surabaya: LPMP Jawa Timur.

O’Malley,J.M., & Pierce,L.V. (1996). Authentic assessment for english language learners : Practical approaches for teachers. New York : Addison-Wesley Publishing Company.

Pasaribu, Mangaraja Salomo. (1938). Tarombo borbor marsada. Haunatas Balige.

Plomp, Tjeerd., (1997). Educational and training system design. Enschede, The Netherlands: Univercity of Twente.

Polya, George. (1973). How to solve it. Princenton NJ: Princenton University Press.

Richey, R. and Nelson. (1996). Developmental Research. In Jonansen (Ed) Handbook of Research for Educational Communications and Technology. New York: Macmillan Simon & Schuster.

Published

2010-04-19

How to Cite

Sinaga, B. (2010). PENGEMBANGAN ASESMEN PORTOFOLIO MATEMATIKA DALAM SETING PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN MASALAH BERBASIS BUDAYA BATAK DI SMA. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 8(1), 629–665. https://doi.org/10.18592/khazanah.v8i1.3027

Issue

Section

Articles