MENGENAL KITAB AL-UMM KARYA AL-SYAFI’I (DARI METODE ISTIDLAL HUKUM HINGGA KEASLIANNYA)

Authors

  • Hairul Hudaya Dosen Hadis dan Ilmu Hadis Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari, Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/khazanah.v14i1.1436

Abstract

Imam Syafi’i merupakan tokoh multi keilmuan di bidang keislaman. Ia  menguasai sastra, tafsir, hadis, fiqh, ushul fiqh dan lainnya. Bahkan untuk bidang keilmuan yang disebut terakhir, ia dipandang sebagai peletak dan  penyusun bidang kajian ushul. Namun di atas segalanya, ia adalah pendiri mazhab al-Syafi’i yang banyak dianut oleh mayoritas masyarakat muslim di dunia termasuk di Indonesia. Di antara karyanya yang fenomenal di bidang fiqih adalah kitab al-Umm. Dalam penulisan kitabnya, Imam al-Syafi’i menggunakan sistematika penulisan berdasarkan tema tertentu dan selanjutnya menguraikan bahasannya dalam bentuk bab dan sub-bab bahasan. Dalam mengistinbat hukum, Imam al-Syafi’i menggunakan dalil al-Qur’an terlebih dahulu baru kemudian hadis dan qias. Terdapat beragam pandangan terkait keaslian kitab al-Umm sebagai karya Imam al-Syafi’i namun pendapat yang kuat bahwa kitab tersebut adalah karya al-Syafi’i meski tidak ditulis langsung olehnya. 

References

Daftar Pustaka

Ahmad bin ‘Ali bin Hajar Syihab al-Din al-‘Asqalani al-Syafi’i, Tahdzib al-Tahdzib, juz III, Beirut, Muassasah al-Risalah, 1996.

Ahmad Amin, Dhuha al-Islam, juz II, Kairo, Maktabah al-Nahdhah al-Mishriyyah, 1974.

Ahmad Nahrawi Abdus Salam al-Indunisi, al-Imam al-Syafi’i fi Mazhabihi al-Qadim wa al-Jadid, diterjemahkan oleh Usman Sya’roni dengan judul Ensiklopedia Imam Syafi’i: Biografi dan Pemikiran Mazhab Fiqih Terbesar Sepanjang Masa, Bandung, Hikmah, 2008.

Azyumardi Azra dkk, Ensiklopedi Islam, Jakarta, PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2001, Cet. IX.

CD Program Mausu’ah al-Hadis al-Syarif

Fatih Suryadilaga dkk, Studi Kitab Hadis, Yogyakarta, Teras, 2003.

Muhammad bin Idris al-Syafi’i, al-Umm, Juz. I, IV, Beirut, Dar al-Kutb al-‘Ilmiyyah, 1993.

------------------------------------------, Ikhtilaf al-Hadis, Beirut, Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1986

Muhammad Abu Zahrah, Imam Syafi’i: Hayatuhu wa ‘Ashruhu wa Ara’uhu, wa Fikruhu, terj. Abdul Syukur dan Ahmad Rivai Utman, Imam Syafi’i: Biografi dan Pemikirannya dalam Masalah Akidah, Politik dan Fiqih, Jakarta, Lentera, 2007.

Muhammad bin ‘Abd al-Wahhab al-‘Aqil, Manhaj al-Imam al-Syafi’i fi Itsbat al-‘Aqidah, terj. Nabhani Idris dengan judul Manhaj Aqidah Imam Syafi’i, Bogor, Pustaka Imam asy-Syafi’I, 2002.

Nasr Hamid Abu Zayd, al-Imam al-Syafi’i wa Ta’sis al-Aidulujiyah al-Wasathiyah, diterjemahkan oleh Khoirun Nahdliyin dengan judul Imam Syafi’i: Moderatisme Eklektisisme Arabisme, Yogyakarta, LKiS, 1997.

Saifuddin, Tadwin Hadis: Kontribusinya dalam Perkembangan Historiografi Islam, Banjarmasin, Antasari Press, 2008.

Subhi Shalih, ‘Ulum al-Hadis wa Mushthalahuh: ‘Ardh wa Dirasah, Beirut, Dar al-‘Ilm li al-Malayin, 1959.

Downloads

Published

2016-05-26

How to Cite

Hudaya, H. (2016). MENGENAL KITAB AL-UMM KARYA AL-SYAFI’I (DARI METODE ISTIDLAL HUKUM HINGGA KEASLIANNYA). Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 14(1), 59–80. https://doi.org/10.18592/khazanah.v14i1.1436

Issue

Section

Articles