MENINGKATKAN SIKAP ESTETIS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN TEKNIK AIRBRUSH DI KB-TK LABSCHOOL JAKARTA

Authors

  • Heri Hidayat UIN SUNAN GUNUNG DJATI
  • Putri Zakiyyah Fauziyyah
  • Shifa Maulidya Hanafi
  • Nabiela Bada Nafisah

DOI:

https://doi.org/10.18592/jea.v7i1.4245

Keywords:

Airbrush, Sikap Estetis, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan melukis dengan teknik airbrush ini dapat meningkatkan rasa estetis pada anak usia dini. Metode penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Sumber data dari studi kepustakaan ini tidak lain adalah dari jurnal dan internet yang berhubungan dengan masalah yang telah dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melukis dengan menggunakan teknik airbrush dapat meningkatkan sikap estetis pada anak. Hal ini dikarenakan teknik airbrush merupakan teknik pembelajaran di Taman kanak-kanak yang memiliki aspek bermain sambil belajar.

References

John, D. (n.d.). Pengertian Anak Usia Dini Menurut Beberapa Cendekiawan. Retrieved from Silabus.Web.id: https://www.silabus.web.id/anak-usia-dini/

Mariyanti, N. P., Suara, I. M., & Sujana, I. W. (2014). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI KEGIATAN AIRBRUSH UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK TK KELOMPOK B. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 4-5.

Naidia, R., Yuhasriati, & Rosmiati. (2020). Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Airbrush pada kelas B di TK Ilagang Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4.

Ningsih, L. (2018). Upaya Meningkatkan Sikap Estetis Pada Anak Melalui Kegiatan Menggambar di RA Islamiyah Tanjung Morawa. Skripsi. Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Rosadi, J. (2013). Kajian Estetika Thomas Aquinas Pada Interior Kayu Aga House di Canggu Bali. Jurnal Intra, 1-2.

https://www.youtube.com/watch?v=xHX2PqaZ0r4&t=100s

Downloads

Published

2021-06-27

How to Cite

Hidayat, H., Fauziyyah, P. Z., Hanafi, S. M., & Nafisah, N. B. (2021). MENINGKATKAN SIKAP ESTETIS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN TEKNIK AIRBRUSH DI KB-TK LABSCHOOL JAKARTA. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 7(1), 19–25. https://doi.org/10.18592/jea.v7i1.4245

Issue

Section

Articles