Re-Konsientisasi dalam Dunia Pendidikan (Membangun Kesadaran Kritis Melalui Pemikiran Paulo Freire)

Authors

  • Rohinah Rohinah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i1.2355

Abstract

Idealisme pendidikan untuk memanusiakan manusia harus sejalan dengan tujuan dan praksis pendidikan. Meskipun pada kenyataannya, masih banyak pendidikan yang memainkan peran tradisionalnya dengan memandang bahwa peserta didik merupakan produk yang dihasilkan oleh dunia pendidikan. Hal ini disebabkan masih banyaknya praktek di lembaga-lembaga pendidikan yang masih memberikan dominasi pada aspek kognitif dan penekanan pada aspek hafalan dalam memahami praktek pembelajaran bahkan pembelajaran agama sekalipun. Capaian keberhasilan seorang anak hanya berhenti pada nilai angka-angka nominal semata, kepintaran anak dinilai manakala mampu menghafal materi-materi yang sudah ditentukan berdasarkan bahan ajar yang ada dan batasan-batasan yang sudah dipersiapkan secara terukur dan terstruktur menurut aturan yang sangat sempit dan sangat minim terhadap ruang dialog-interaktif antar guru dan peserta didik. Oleh karena itu, hadirnya pemikir kritis sebagaimana Paulo Freire, merupakan upaya memperjuangkan pendidikan menuju sebuah perubahan nyata agar pendidikan tidak hanya sekedar mempersiapkan robot-robot mekanik masa depan melainkan mampu melahirkan manusia-manusia pembawa perubahan menuju masyarakat yang berkeadilan dan berkeadaban.

References

Colins, Denis, Paulo Freire His Life, Works and Thought. (New York: Paulist Press, 1977)

Freire, Paulo, Pendidikan Kaum Tertindas. (Jakarta: LP3S, 1972)

Freire, Paulo, Pendidikan yang Membebaskan, Pendidikan yang Memanusiakan, dalam Naomi, Omi Intan, Menggugat Pendidikan: Fundamentalisme, Konservatif, Liberal, Anarkis, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)

Freire, Paulo, Politik Pendidikan, Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan, terj, Agung Prihantoro dan Fuad Arif Fudiyartanto, (Yogyakarta: READ (Research, Education and Dialogue) Bekerjasama dengan Pustaka Pelajar, 2002)

Http/ ELEMEN-ELEMEN KRITIS DALAM KONSEP PENDIDIKAN PAULO FREIRE.htm. di unduh pada tanggal 7 Maret 2015

http://edukasi.kompasiana.com/2012/02/23/paulo-freire-pendidikan-untuk-pembebasan-437729.html. diakses pada tanggal 7 Maret 2015

Kiftiah, Mariatul, Paulo Freire dan Pemikirannya, dalam http://mariatulkiftiah.blogspot.comn/2011/06/paulo-Freire-dan-pemikirannya.html diakses pada 07 Maret 2015.

Mulkhan, Abdul Munir, Nalar Spiritual Pendidikan, (Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 2002)

Qomar, Mujamil, Kesadaran Pendidikan, (Yogyakarta: Arruz Media, 2012)

Roem Topatimasang, Toto Rahardjo, dan Mansour Fakih, Pendidikan Populer Membangun Kesadaran Kritis, (Yogyakarta, INSIST PRESS, 2010)

Smith, William A., Conscientizacou Tujuan Pendidikan Paulo Freire, Pen. Agung Prihantoro, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2001)

Sumaryo, Pendidikan Yang Membebaskan” dalam Martin Sardy, Mencari Identitas Pendidikan. (Bandung: Alumni, 1981)

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1991)

Yamin, Moh., Menggugat Pendidikan Indonesia Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hajar Dewantara, (Jogjakarta: Arr – Ruzz Media,2009)

Downloads

Published

2019-06-15

How to Cite

Rohinah, R. (2019). Re-Konsientisasi dalam Dunia Pendidikan (Membangun Kesadaran Kritis Melalui Pemikiran Paulo Freire). Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i1.2355

Issue

Section

Articles