Penggunaan Sosial Media Twitter dalam Komunikasi Organisasi (Studi Kasus Pemerintah Provinsi Dki Jakarta Dalam Penanganan Covid-19)

Authors

  • Syailendra Reza Irwansyah Rezeki Batam Tourism Polytechnic Politeknik Pariwisata Batam

DOI:

https://doi.org/10.18592/jils.v4i2.3804

Keywords:

Social Media, Twitter, Organizational Communication, Covid-19 Handling

Abstract

ABSTRAKTulisan ini mengulas mengenaipenggunaansosial media khususnya twitter dalam konteks komunikasi organisasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal ini Gubernur Anies Bawes dan dalam penangan Covid-19. Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dreskriftif, dengan menggunakan desain penelitian yang spesifik pada studi kasus. Penggunaan media sosial twitter untuk menginformasikan kegiatan dan hal – hal yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 dan kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini bertujua nmendapatkan respon yang cepa tdari para warga Jakarta yang menggunakan platform media sosial.  Pendekatan kualitatif digunakan karena pada dasarnya tweetan yang ada di media sosial twitter merupakan salah satu bentuk dari dokumen yang dapat dianalisa dengan analisis tekstual. Pemanfaatan twitter yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal ini Gubernur yang dibantu jajarannya dalam mencegah dan menangani Covid-19 sudah dilakukan dengan baik, dengan tidak mengabaikan manfaat dari media sosial bagi organisasi besar pemerintahan dan fungsi dari esensi komunikasi. Keberhasilan yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta melalui akun twitter @DKIJakarta dapat dilihat melalui umpan balik (feedback) yang diberikan masyarakatnya melalui kritik, saran dan informasi pengaduan dari masyarakat.Kata kunci: Sosial Media, Twitter, KomunikasiOrganisasi,Penanganan Covid-19  ABSTRACTThis paper explores the use of social media, especially Twitter in the context of the communication of the DKI Jakarta Provincial Government in this case Governor Anies Bawesdan in the handling of Covid-19. The research method in this research uses a descriptive qualitative approach, using a specific research design on a case study.The use of social media twitter to inform activities and matters relating to the handling of Covid-19 and the performance of the Provincial Government of DKI Jakarta. it aims to get a quick response from Jakarta residents who use social media platforms. The qualitative approach is used because basically tweetan on Twitter social media is a form of document that can be analyzed by textual analysis. The use of Twitter by the Provincial Government of DKI Jakarta in this case the Governor who assisted his staff in preventing and handling Covid-19 has been done well, by not ignoring the benefits of social media for large government organizations and functions of the essence of communication. The success made by the Governor DKI of Jakarta through the Twitter account @DKI Jakarta can be seen through the feedback provided by the community through criticism, suggestions and information complaints from the public.Keywords: Social Media, Twitter, Organizational Communication, Covid-19 Handling

References

DAFTAR PUSTAKA

Andreas M. Kaplan. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media, Business Horizons.

Burhan Bungin. 2006. Sosiologi Komunikasi, Jakarta : Kencana Predana Media.

Harjani Hefni. 2015. Komunikasi Islam, Jakarta: Prenada Media Group.

Kriyantono. 2012. Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif, Jakarta: Kencana.

Martin Lister. 2003. New Media: A Critical Introduction, New York: Routledge.

M. Rivai Abbas. 2014. Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk kementrian perdagangan RI, Jakarta: Kementrian Perdagangan RI.

Nomorvia Ika Setyani, “Pengguna Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas,” dalam Jurnal Komunikasi Surakarta. Universitas Sebelas Maret, 2013.

Prahastiwi Utari. 2011. Media Sosial, New Media dan Gender dalam Pusaran Teori Komunikasi. Bab Buku Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi, Yogyakarta: Aspikom.

R. Wayne Pace dan Don F. Faules. 2015. Komunikasi organisasi, strategi meningkatkan kinerja perusahaan, Terj. Deddy Mulyana, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

S Djuarsa Sendjaja. 1998. Teori Komunikasi, Jakarta. Universitas Terbuka.

Tim O’Reilly dan Sarah Milstein. 2009. The Twitter Book 2nd Edition, USA: O’Reilly Media, Inc.

Tim. 2018. Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial Dalam Lembaga Pemerintah, Jakarta: Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo.

Yosie Aer,”Analisis Media Sosial ‘Path’ Sebagai Media Informasi di Kalangan Klub Basket Total E&P Indonesie Balikpapan,” dalam eJournal Ilmu Komunikasi, Vol 2, Nomor 4.

Website

https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia, diakses pada: 15 Mei 2020.

https://help.twitter.com/id/twitter-guide, diakses pada 17 Mei 2020.

https://map-bms.wikipedia.org/wiki/Daftar_Gubernur_Daerah_Khusus_Ibukota_Jakarta, diakses pada 17 Mei 2020.

https://tirto.id/pantau-perkembangan-covid-19-twitter-rilis-fitur-event-page-eJJU, diakses pada: 05 Mei 2020.

https://Twitter.com, diakses pada 17 Mei 2020.

https://twitter.com/DKIJakarta, diakses pada 17 Mei 2020.

https://twitter.com/DKIJakarta, diakses pada 17 Mei 2020.

https://www.brilio.net/gadget/6-keunggulan-twitter-dibandingkan-instagram-hemat-kuota-191219n.html#, diakses pada: 15 Mei 2020.

https://www.jpnn.com/news/tiba-tiba-tagar-anies-baswedan-ramai-di-twitter-ada-apa?, diakses pada 15 Mei 2020.

https://www.tek.id/tek/pengguna-aktif-harian-twitter-meningkat-pada-q1-2020-b1ZML9hMr, diakses pada: 05 Juni 2020.

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public diakses 8 juni 2020

Downloads

Published

2020-12-01

Issue

Section

Articles