Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Anak- Anak SD Desa Simpang Nadong Melalui Program Rumah Literasi

Authors

  • Rahmanisa Juliana Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Lia Auriyanti Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Nur Adlia Zahra Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Masniah Masniah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Muhammad Faisal Albar Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Muhammad Ais'ya Al-Jazuli Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Emroni Emroni Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/jalujur.v2i1.10978

Keywords:

hasil belajar, minat belajar, rumah literasi

Abstract

Dari analisis yang kami lakukan, diketahui bahwa kualitas membaca, menulis, dan berhitung anak-anak SD bisa terbilang rendah, bahkan tidak jarang ada anak yang sudah menempati kelas tinggi seperti kelas 4, 5, dan 6 masih terbata-bata dalam membaca. Hal ini dikarenakan minat belajar yang kurang sehingga hasil belajar yang tercapai juga rendah. Maka dari itu, salah satu dari program kerja KKN kami ialah rumah literasi. Yaitu belajar bersama di posko sepulang anak-anak sekolah. Tujuan dari diadakannya rumah literasi ini adalah meningkatkan semangat dan antusiasme anak-anak dalam belajar, dan juga harapan kami adalah anak-anak bisa lebih lancar dalam membaca, menulis, juga berhitung. Metode pendekatan yang kami gunakan adalah PAR (Participation Action Reseach). Perubahan yang kami rasakan seiring berjalannya kegiatan rumah literasi adalah antusiasme anak-anak belajar cukup tinggi dan juga mereka sangat semangat untuk belajar bersama di posko, juga ada peningkatan anak-anak dalam calistung. Selain itu, juga ada perubahan sikap ke arah yang lebih baik juga, dimana anak-anak mulai sering mengucapkan kata terimakasih dan juga maaf kepada temanya, dan juga muncul kebiasaan baik seperti mengucapkan salam ketika masuk rumah, dan meminta izin ketika ingin meminta sesuatu kepada orang lain.

References

Dongoran, F. R., & Syaputri, V. Y. (2022). ANALISIS MINAT DAN MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. 3(1).

Purwanti, R. S. (2019). MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODELNHT NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. 1.

Soedjiwo, N. A. F. (2019). Implementasi Mata Kuliah PAR (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH) di TPQ AL-MAGFIROH Denpasar Bali. Widya Balina, 4(2), 9–19. https://doi.org/10.53

Downloads

Published

2023-08-30

Issue

Section

Articles