Pembinaan Masyarakat Melalui Pelatihan Keterampilan Pemanfaatan Limbah Organik (Eco Enzyme) di Desa Pabaan

Authors

  • Salsabila Yunita Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Hatiyah Hatiyah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Hafifah Hafifah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Arif Rahman Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Regita Nungky Safitri Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Raudhatul Kamaliyyah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • M. Taufiq Hidayat Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Mariani Mariani Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/jalujur.v2i1.10964

Keywords:

Eco Enzyme, Limbah Organik, Pabaan

Abstract

Eco-enzyme adalah larutan zat organik kompleks yang diproduksi dengan proses fermentasi sisa sampah organik, air, dan molase. Sehingga limbah organik yang telah dibuang dan tidak digunakan lagi dapat di manfaatkan sebagai produk yang ramah lingkungan. Penelitian ini memfokuskan pada pembuatan larutan eco-enzyme dari limbah organik jeruk, mangga, jambu air, sawi putih dan pepaya di desa Pabaan, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang bertujuan unuk mengetahui parameter evaluasi dan mengetahui prosedur pembuatan ecoenzyme, menggunakan limbah organik. Dengan mengunakan metode ekperimental, larutan ec-enzyme dibuat dengan 1 bagian molase, 3 bagian buah dan sayur, dan 10 bagian air bersih kemudian difermentasikan selama 3 bulan untuk dijadikan larutan eco-enzyme. Untuk 1 bulan petama dilakukan pengujian secara priodik, sampel diambil setiap 2 hari sekali dan dilakukan evaluasi untuk mengetahui parameter evaluasi meliputi organoleptik, pH dan viskositas sesuai prosedur pengujian yang ditetapkan. Hasil dari penelitian ini menunjukan ecoenzyme yang baik berwarna coklat pekat, aroma asam segar khas fermentasi dan mendapatkan pH yang stabil dengan pH 4.0 menunjukan eco-enzyme yang dihasilkan bersifat asam yang memiliki manfaat seperti penangkal radiasi, menjernihkan saluran air, pembersih lantai, disinfektan organik dll. Tujuan diadakannya sosialisasi 1. Meningkatkan keterampilan dalam pemanfaatan limbah organik buah dan sayuran menjadi produk yang ramah lingkungan. 2. apat mengurangi sampah organik seperti sampah sayur dan buahbuahan yang terdapat di pasar tradisional, sehingga dapat mengurangi terjadi kerusakan alam atau lingkungan yang menggangu kesehatan masyarakat sekitar

References

Dewi, D, M. (2021). Program Studi Manajemen, and Universitas Lambung Mangkurat, “PELATIHAN PEMBUATAN ECO ENZYME BERSAMA KOMUNITAS” 1, no. 1 67– 76.

Muhammad, R, et al. (2021), ECO-ENZYME DARI LIMBAH TANAMAN MALUKU (Ambon: LP2M IAIN Ambon.)

Sai Study Group Indonesia. (2020). Manfaat Eco Enzyme. (https://ssgi.or.id/id/manfaat-eco-enzyme, diakses pada 30 November 2022)

Wuljanah, nazma.s (2021). Pembuatan larutan ECO enzyme dari limbah organik. Bandung 178

Juniartini, N. L. P. (2020). Pengelolaan Sampah Dari Lingkup Terkecil dan Pemberdayaan Masyarakat sebagai Bentuk Tindakan Peduli Lingkungan. Jurnal Bali Membangun Bali, 1(1), 27–40.

Ansory, Isnan. (2018). Pro Kontra Maulid Nabi. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing

Downloads

Published

2023-08-30

Issue

Section

Articles