Pendidikan Karakter dalam Upaya Mencegah Perilaku Bullying pada Anak-Anak di Dusun Limpana Desa Rantau Bujur

Authors

  • Aminah Aminah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Halidah Halidah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Ibnul Halim Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Maulidiya Maulidiya Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Muhammad Aunur Rofiq Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Norma J. Munawaroh Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Abdul Basir Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/jalujur.v2i1.10963

Keywords:

Anak-Anak, Bulliying, Pendidikan Karakter

Abstract

Bullying dapat menyebabkan korban menjadi gangguan psikologis seperti depresi, bahkan dapat menyebabkan korban hingga bunuh diri. Maraknya kasus bullying di Dusun Limpana, Desa Rantau Bujur, Kecamatan Bungur, Kabupaten tapin cukup tinggi. Kasus bullying di Dusun Limpana biasanya terjadi antar teman sebaya yang berumur 5-12 tahun. Faktor utama yang terjadi dengan anakanak melakukan bullying yaitu kurangnya perhatian dari orang tua. Sehingga itu akan berdampak pada kondisi psikologis anak dan juga tak heran mereka mengalami kesepian dan lebih memilih menghabiskan waktu bermainnya diluar rumah. Dengan adanya pendampingan dan sosialisasi tersebut anak-anak bisa memahami apa itu bullying dan dampaknya bagi kesehatan mental sehingga dapat terbentuknya pola pikir dan tingkah laku yang baik dari pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode partisipatory action research (PAR) yang dilaksanakan secara partisipatif pada perilaku bullying di dusun Limpana, Desa Rantau Bujur, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Informasi atau data yang diperoleh bersumber dari observasi lapangan, dan wawancara. Proses pendampingan yang dilakukan selama 30 hari oleh Mahasiswa KKN UIN Antasari, berupa pembelajaran dan pemberian kata-kata motivasi saat kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar, di TPA, dan ketika mereka berada di posko KKN. Anak-anak di Dusun Limpana termotivasi untuk tidak lagi menyakiti temannya secara berlebihan.

References

Dewi, Nadia DKK. (2016). Perilaku Bullying Yang Terjadi di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, Vol. 01 No. 02.

Muthali’in, Achmad dkk. “Penanggulangan Bullying dalam Pembetukan Karakter Peserta Didik di MI Muhammadiyah PK Bendo, Boyolali.” Buletin KKN Pendidikan 2, no. 2 (2 September 2020).

Poppyariyana, Alfian Ashshidqi. “Sosialisasi Terkait Pencegahan Tindakan Bullying di Sekolah Dasar Negeri 1 Cijurey Kabupaten Sukabumi” 2, no. 5 (Oktober 2022): 2.

Sudrajat, Ajat. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter, Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 01 No. 01.

Susilo, Bambang Eko DKK. (2018). Analisis Kompetensi Mahasiswa S1 FMIPA Melalui Pengembangan Model Evaluasi Berwawasan Konservasi Inovatif Tes Komprehensif Online, Jurnal unnes.

Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter, Jurnal Kreatif, Vol. 09 No. 01

Downloads

Published

2023-08-30

Issue

Section

Articles