PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR PADA MA MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN

Penulis

  • Ahmad Dzaky

DOI:

https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i26.869

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana usaha kepala sekolah sebagai motivator serta apa hambatan dalam melaksanakannya. Untuk mengungkap fokus penelitian, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data yang dilakukan secara serempak oleh peneliti ketika melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi dari sumber data yang dipilih. Subyek penelitian adalah: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf TU, dan siswa. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisi data adalah analisis data interaktif, melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan lalu verifikasi.Hasil temuan dan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: usaha kepala sekolah sebagai motivator berupa mengadakan kegiatan keagamaan, prestasi, pengakuan, peningkatan, tanggung jawab, hubungan antar pribadi, kebijakan, gaji, fasilitas, dan sistem poin. Adapun hambatannya berupa sikap tertutup, kondisi kerja, rasa jenuh.Kata Kunci: Kepala Sekolah, Peran, Motivator.

Referensi

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Bogdan, R. C & Biklen, S. K, Qualitative Research for Education: An introduction to Theories and Methods (4th ed.). New York: Pearson Education group, 2003.

Bungin, Burhan, Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke arah Penguasaan Modal Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

Hamalik, Oemar, Dasar-Dasar Pengembang-an Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2008.

Hanitijo, Ronny Soemitro, Metode Pendekatan Hukum. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2004.

Hasibuan, Malayu, Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung, 2006.

Moleong, L.J, Metodologi Penelitian Kuali-tatif, Bandung: PT. Rosda Karya, 2005.

Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas, 2005.

Nazir, Moh., Metode Penelitian. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia, 2004.

Prantiya, Kontribusi Fasilitas Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Siswa SMA Negeri 1 Karangnongko Kabupaten Klaten. Tesis tidak diterbitkan, Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadi-yah Surakarta, 2008.

Riyanto, Yatim, Metodologi Penelitian Pendidikan Tinjauan Dasar. Surabaya: SIC, 2006.

Robbins dan Judge, Perilaku Organisasi, buku 1. Jakarta: Salemba empat, 2007.

Syafaruddin, Efektifitas Kebijakan Pendidikan Konsep, Strategi dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif . Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Thoha, Miftah, Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-12-29

Terbitan

Bagian

Articles