MAKNA WASILAH DALAM SURAH AL MAIDAH AYAT 35 DAN SURAH AL ISRA� AYAT 57 (Antara yang Tidak Membolehkan dan yang Membolehkan Wasilah)

Penulis

  • Farihatni Mulyati

DOI:

https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i25.864

Abstrak

Wasilah/tawasul adalah perantara untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt, ketika memahami maknanya, terdapat perbedaan, ada yang membolehkan bertawasul, ada yang tidak membolehkannya, setelah dicermati dalil-dalil yang dikemukakan kebanyakan adalah dalil yang sama, tetapi berbeda cara memahaminya, dan ternyata sepakat dalam hal bolehnya bertawasul dengan amal shaleh dan doa, titik perbedaannya adalah ketika bertawasul dengan dzat dan kemuliaan seseorang, dan juga dengan orang yang sudah meninggal baik itu para Nabi maupun yang mereka anggap wali.Kata Kunci: wasilah, amal shaleh, dzat, kemuliaan

Referensi

Abu Anas Ali bin Husain Abu Lauz, Kupas Tuntas tentang Tawasul, Penerjemah M. Ash Rasyid, dan Fathul Arifin, Jakarta: Darus Sunnah Press, Cetakan Pertama, 2006.

Ahmad Warson Munawwir, Al Munawwir Kamus Arab-Indonesia, Ditelaah dan dikoreksi KH. Ali Mashum dan KH. Zainal Abidin Munawwir, Surabaya: Pustaka Progressif, Cetakan ke empat belas, 1997.

As Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki al-Hasani, Pemahaman yang Harus Diluruskan, Penerjemah Abdussalam Ammar dan Moh. Hasib Dawam, Surabaya: PT. Bina Ilmu, Cetakan Kedua, 2014.

Mamduh Farhan al-Bukhairi, Kuburan Agung Menyingkap Fenomena Ketergantungan Kepada Para Wali, Penerjemah Agus Hasan Bashori, Jakarta: Darul Haq, Cetakan Pertama, 2005.

M. Quraish Shihab, Tafsir Al Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran, Jakarta: Lentera Hati, Cetakan kedelapan, 2006.

Syaikh Abdurrahman Hasan Alu Syaikh, Fathul Majid Penjelasan Kitab Tauhid (Membersihkan Aqidah dari Racun Syirik), Peneliti Syaikh Abdul Aziz Abdullah bin Baz, Jakarta: Pustaka Azzam, Cetakan Ke dua puluh satu, 2012.

Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani dan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Shahih Tawasul Perantara Terkabulnya Doa, Penerjemah Fauzan Abadi dan R. Fidayanto, Jakarta: Akbar Media, Cetakan Pertama, 2010.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-12-29

Terbitan

Bagian

Articles