PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN MELALUI AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN

Penulis

  • Ity Rukiyah

DOI:

https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i25.863

Abstrak

Badan akreditasi merupakan lembaga yang bekerja berdasarkan dasar hukum yang kuat dalam sistem pendidikan nasional, dan secara kelembagaan yang telah memiliki tujuan, fungsi, prinsip, kewenangan dan tugas yang jelas, walaupun dalam melaksanakan kegiatannya masih menghadapi beberapa kendala. Salah satu tujuan pembangunan Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa oleh sebab itu Undang-Undang dasar 1945 menyebutkan pada pasal 33 bahwa rakyat Indonesia berhak mendapatkan pendidikan sehingga pemerintah berkewajiban mewujudkan sistem pendidikan Indonesia, dan memberi Anggaran pendidikan paling kurang sebanyak 20% dari anggaran pendapatan Negara atau anggaran pendapatan daerah. Agar masyarakat mendapatkan pendidikan yang bermutu, maka fasilitas pemerintah sebagai wujud kewajiban pemerintah, adalah menciptakan mekanisme dan sistem agar pendirian satuan pendidikan dapat memenuhi syarat dan bertanggungjawab atas pelayanan yang diberikan sehingga memberi kualitas pendidikan yang memenuhi harapan masyarakat. Oleh karena itu, sejak berdiri, berkembang dan sepanjang keberadaan satuan pendidikan sudah semestinya mendapatkan penilaian dan evaluasi agar memenuhi standar yang diharapkan, yaitu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.Kata Kunci: badan akreditasi, nasional, madrasah, sekolah

Referensi

Amin, Maswardi M. BSNP, Akreditasi, Sertifikasi, dan Penjaminan Mutu, Dalam Pontianak Post, Selasa, 24 Januari 2006.

Anonim, Pedoman Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2007, Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Departemen Pendidikan Nasional, 2007.

Chamidi, Safrudin Ismi, Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah, dalam isu-isu Pendidikan di Indonesia. Lima Isu Pendidikan Triwulan Kedua. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan. Balitbang Depdiknas, 2004.

Kreitner, Robert, Management, Seventh Edition, USA: Houghton Mifflin Company, 2000.

Scheerens, J. Effective Schooling: Research Theory and Practice, London: Willer House, Cassel, 1992.

Umaedi, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Sebuah Pendekatan Baru Dalam Pengelolaan Sekolah Untuk Peningkatan Mutu, Jakarta: Direktur Pendidikan Menengah Umum Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direkorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 1999.

Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Edisi 3, Bumi Aksara, 2009.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-12-29

Terbitan

Bagian

Articles