KONSEP KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Noorzanah Noorzanah

DOI:

https://doi.org/10.18592/ittihad.v15i28.1934

Abstrak

AbstrakKurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam suatu sistem pendidikan, karena itu kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan. Dalam Islam, konsep kurikulum bermakna manhaj yaitu jalan terang yang dilalui oleh pendidik dan anak didiknya untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka.Kurikulum pendidikan Islam adalah bahan-bahan pendidikan Islam berupa kegiatan, pengetahuan dan pengalaman yang dengan sengaja dan sistematis diberikan kepada anak didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan IslamKata Kunci: konsep kurikulum, pendidikan Islam

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Majid, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

A. Malik Fadjar, Visi Pembaruan Pendidikan Islam, Jakarta: Lembaga Pengembagan Pendidikan dan Penyusunan Naskah Indonesia (LP3NI), 1998.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Rosda karya, 1994.

Muhaimin dan Abd. Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam; Kajian Filosofik dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Bandung: Trigenda Karya, 1993.

Muhaimin, et al., Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Rosdakarya, 2001.

Mujtahid, Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI), tp., 2011.

Silverius, Suke, Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo, 1991.

Wayan Nurkancana dan Sumartana, Evaluasi Pendidikan. Cet. IV, Surabaya: Usaha Nasional, 1986.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-01-22

Terbitan

Bagian

Articles