PENDEKATAN TOTAL HISTORY DALAM KAJIAN SEJARAH PERADABAN ISLAM

Penulis

  • Mubarak Mubarak FAI UNIKARTA Tenggarong

DOI:

https://doi.org/10.18592/ittihad.v13i24.1747

Abstrak

Sejarah Peradaban Islam (SPI) sebagai salah satu mata kuliah di perguruan tinggi keagamaan Islam perlu ditampilkan dalam suatu kajian yang komprehensif agar nuansa pembelajaran SPI itu tidak melulu menampilkan wajah politik umat Islam dari masa ke masa, atau mengenai bangkit dan runtuhnya para penguasa Dinasti Islam semata, akan tetapi dapat lebih berdayaguna menjadi wawasan dan sekaligus wahana pengamatan umat Islam sehingga tidak terjerumas ke dalam pemahaman yang sempit didalam mengartikan dinamika kehidupan sosial umat Islam. Total History atau dikenal juga dengan istilah long-term structures (struktur-struktur jangka panjang) adalah pendekatan dan penafsiran-penafsiran yang menampilkan studi secara totalitas mencakup sejarah Islam yang tidak hanya terbatas pada sejarah masyarakat-masyarakat muslim, atau fenomena terhadap doktrin ajaran Islam yang masuk dan berproses ke dalam sebuah masyarakat-kultural dan mewujudkan diri dalam konteks sosial dan kesejarahan tertentu (Islamicate), melainkan dalam konteks sejarah manusia dan peradabannya secara keseluruhan. Melalui pendekatan ini diharapkan kajian SPI lebih komprehensif dengan titik tekannya kepada keanekaragaman interaksi sehingga mampu mengungkap aspek sejarah Islam itu dari berbagai perspektifnya.

Biografi Penulis

Mubarak Mubarak, FAI UNIKARTA Tenggarong

Dosen pada FAI UNIKARTA Tenggarong

Referensi

A. Qodri Azizi. 2003. Pengembangan Ilmu-Ilmu Keislaman. Jakarta: Ditpertais Depag RI dan CV. Aneka Ilmu.

Ajid Tohir. 2004. Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam: Melacak Akar-akar Sejarah, Sosial, Politik, dan Budaya Umat Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

---------------. 2004. Studi Kawasan Dunia Islam: Perspektif Etno-Linguistik dan Geo-Politik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Azyumardi Azra. 2002. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi menuju Milenium Baru. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.

Badri Yatim. 2002. Sejarah Peradaban Islam: Dirasah Islamiyah II. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

John Lechte. 2001. 50 Filsuf Kontemporer: Dari Strukturalisme sampai Postmodernitas. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Masdar Hilmy dan Akhmad Muzakki. 2005. Dinamika Baru Studi Islam. Surabaya: Penerbit Arkola.

Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum, hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-11-15

Terbitan

Bagian

Articles