PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL (Tantangan dan Relevansinya di Indonesia)

Penulis

  • Supriadi Supriadi Fakultas Agama Islam UNIKARTA Tenggarong, Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.18592/ittihad.v13i23.1728

Abstrak

Pendidikan Islam multikultural adalah peluang di tengah tantangan kondisi sosial masyarakat yang plural. Relevansi pendidikan ini bagi situasi sosial akan menjadi perekat kondusifitas bangsa agar rakyatnya dapat hidup berdampingan dalam keragaman dan perbedaan kultur,  hidup dengan damai, saling menghormati, saling mencintai dan berkasih sayang, empati pada orang lain, dapat mengeliminir  perselisihan dan konflik. Sehingga dengan demikian Pendidikan Agama Islam menjadi rahmat, ajaran yang agung, penyejuk bagi kehidupan sosial, dapat diinternalisasikan dalam proses transformasi nilai-nilai masyarakat dan bangsa yang beragam, sehingga melahirkan kekuatan yang resensial serta alat pemersatu bangsa yang kokoh, dan semakin diminati oleh masyarakat yang kompleks di tengah derasnya arus perubahan.

Biografi Penulis

Supriadi Supriadi, Fakultas Agama Islam UNIKARTA Tenggarong, Kalimantan Timur

Dosen Tetap Fakultas Agama Islam UNIKARTA Tenggarong, Kalimantan Timur

Referensi

Assegaf, Abd. Rachman. Filsafat Pendidikan Islam, Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonetif. Raja Grafindo Persada. Jakarta; 2011.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Agama Multikultural. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta; 2004.

----------. Merawat Kemajemukan Merawat Indonesia. Impulse dan Kanisius. Yogyakarta; 2007.

El Ma’hady, Muhaemin. http://artikelpendidikan.net/multikulturalisme-dan-pendidikan-multikultural.php diunduh tanggal 20 Desember 2014.

Haryatmoko. Multikulturalisme dan Landasan Etikanya Menimba Pendasaran Etika dari Altruisme dan Tindakan Komunikatif. PSB-PS UMS. Surakarta; 2006.

Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi. Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta; 2008.

Pusat Kurikulum Depdiknas. Model Penerapan Pendidikan Multikultur Pada Jenjang Pendidikan Menengah. Puskur Balitbang Depdiknas. Jakarta; 2007.

Rosyada, Dede. Pendidikan Multikultural melalui Pendidikan Agama Islam dalam Didaktika Islamika: Jurnal Kependidikan, Keislaman dan Kebudayaan, Vol. VI, Nomor 1, Januari; 2005.

Rusdi, Amir. Perspektif Islam tentang Keberagaman dan Penyikapannya dalam Konteks Pengembangan Kurikulum PAI dalam Conciencia, Vol.1 No.2;. 2007.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-11-15

Terbitan

Bagian

Articles