INTERAKSI EDUKATIF DALAM KOMUNIKASI PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Normina Normina

DOI:

https://doi.org/10.18592/ittihad.v15i27.1600

Abstrak

Interaksi Edukatif dalam Komunikasi Pendidikan  merupakan proses transformasi pesan berupa ilmu pengetahuan dan teknologi dari pendidik kepada peserta didik, di mana peserta didik mampu memahami maksud  pesan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan, sehingga menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menimbulkan perubahan tingkah  laku menjadi lebih baik. Pengajar adalah pihak yang paling bertanggungjawab terhadap berlangsungnya komunikasi yang efektif dalam pembelajaran, sehingga sebagai pengajar dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik agar menghasilkan proses pembelajaran yang efektif. Kata Kunci: Interaksi, Edukatif dan Komunikasi Pendidikan

Referensi

Abdullah M. Amin, Pendidikan Agama Era Multi Kultural Multi Religius, Jakarta: PSAP Muhammadiyah, 2005

Hasan, S. Hamid, Multikulturalisme Untuk Penyempurnaan Kurikulum Nasional, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Oktober, 2000.

Kartono, Kartini & Dali Gulo, Kamus Psikologi, Bandung; Pionir Jaya, 1987.

Lash, Scott dan Mike Featherstone (ed.), Recognition And Difference: Politics, Identity, Multicultural, London; Sage Publication, 2002

Mahfud, Choirul, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta; Pustaka pelajar, 2006.

Parekh, Bikhu, Rethinking Multiculturalism: Cultural Diversity and Political Theory, Cambridge; Harvard University Press, 2000.

Susilo, Andrew, Hakikat Pendidikan Multikultural dan Teori Pendidikan Multikultural, http://www.semangatanak negeri.com/2014/06/hakikat-pendidikan-multikultural-dan.html, diakses pada tanggal 5 Oktober 2016.

Taylor, Charles, “The Politics of Recognation” dalam Amy Gutman, Multiculturalism, Examining the Politics of Recognition Princenton; Princenton University Press, 1994.

Tilaar, H.A.R. Multikulturalisme, Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta; Grasindo. 2004. http://andi-plampang. wordpress. com/2010/12/09 tantangan-pendekatan-pendidikan-multi-kultural.htlm, diakses pada tanggal 5 Oktober 2016.

Wiyono, Teguh, Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praksis Pendidikan di Indonesia, http://pendidikan-diy.go.id/ dinasv4/?view=v_artikel&id=35, diakses pada tanggal 5 Oktober 2016.

Yaqin, M. Ainul, Pendidikan Multikultural (Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan), Yogyakarta; Pilar Media, 2005.

Zamroni, Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural, Yogyakarta; Gavin Kalam Utama, 2011.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-09-22

Terbitan

Bagian

Articles