FIKIH SUFISTIK DALAM RISALAH RASAM PARUKUNAN

Authors

  • Ahmad Harisuddin Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan

DOI:

https://doi.org/10.18592/al-banjari.v9i1.918

Keywords:

fikih sufistik, Rasam Parukunan, iman, Islam

Abstract

Dilatarbelakangi pentingnya holistisitas ilmu dalam Islam, tulisan ini bermaksud menganalisis pendekatan sufistik dalam Risalah Rasam Parukunan karya Tuan Guru Haji Abdurrahman bin Muhammad Ali Sungai Banar Amuntai. Kajian ini menemukan bahwa muatan tasawuf yang terkandung dalam Rasam Parukunan sangat bercorak akhlaki. Di antara contohnya yang penting adalah ketika penulis menguraikan konsep sembahyang sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan antara makna sembahyang syariat, sembahyang thariqat, dan sembahyang hakikat sehingga suatu perbuatan sembahyang itu dapat dikatakan sempurna yang disebut sembahyang makrifat. Dengan begitu, tasawuf merupakan satu aspek inheren dalam setiap pelaksanaan ibadah lahir, yakni sebagai bentuk pelaksanaan ibadah batinnya. Ajaran semacam ini tentunya lebih dapat diterima secara lebih luas di kalangan umat Islam. Bahkan, tasawuf akhlaki yang tertuang sebagai indikator keimanan dan keislaman dalam rasam sangat efektif digunakan pada level individu sebagai wahana evaluasi diri (muhasabah al-nafs), meskipun kurang efektif jika digunakan sebagai indikator sosial untuk mengukur tingkat keberagamaan umat Islam.

References

Ali, Abdurrahman bin Muhammad, Rasam Parukunan, Amuntai, al-Maktabah al-Ruhaniyah, t.th.

al-Ghazl, Abu Hamid, Minhj al-'bidn, Surabaya, Dr al-Nasyr al-Mishriyyah, t.th.

Hapip, Abdul Djebar, Kamus Bahasa Banjar-Indonesia, Banjarmasin, Almamater Press,1994.

Hasanuddin AF, Anatomi Alquran: Perbedaan Qiraat dan Pengaruhnya Terhadap Istinbath Hukum dalam Alquran, Jakarta, Rajawali Press, 1995.

Munawwir, Ahmad Warson, al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia, Jogjakarta, Unit Pengadaan Bukubuku Ilmiah Keagamaan Pondok Pesantren "Al-Munawwir" Krapyak, 1984.

Rahman, Fazlur, Revival and Reform in Islam: A Study of Islamic Fundamentalism, terj. Munir, Kebangkitan dan Pembaharuan di dalam Islam, Bandung, Pustaka, 2001.

Downloads

Published

2010-05-13

Issue

Section

Articles