Keharmonisan Hubungan Antara Mahasiswa dan Dosen Penasehat Akademik di Jurusan KI-BKI UIN Antasari Banjarmasin

Romdiyah Romdiyah, Nurul Rahmi

Abstract


Pertemuan bimbingan akademik antara mahasiswa dan dosen penasehat akademik dilaksanakan hanya 1 kali pertemuan setiap awal semester untuk keperluan pengisian KRS, setelah itu tidak terjadi lagi komunikasi antara dosen penasehat akademik dan mahasiswa, Bahkan ada mahasiswa yang belum pernah bertemu dengan dosen penasehat akademiknya. Hal tersebut mengindikasikan adanya disharmonisasi hubungan antara mahasiswa dan dosen penasehat akademik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keharmonisan hubungan antara mahasiswa dan dosen penasehat akademik di Jurusan KI-BKI, sedangkan jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumenter.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan akademik yang berlangsung seperti rutinitas semesteran. Mahasiswa menemui dosen penasehat akademik ketika minta tanda tangan KRS, selebihnya tidak ada lagi. fenomena tersebut menunjukkan adanya ketimpangan antara fenomena dengan konsep ideal  sebagai dosen penasehat akademik.

 

Kata Kunci : Keharmonisan, Mahasiswa, Dosen Penasehat Akademik

Full Text:

XML

References


Fakultas Tarbiyah & Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin. Panduan Akademik Mahasiswa Fakultas Tarbiyah & Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin, 2011.

Fathurrohman, Pupuh. Urgensi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Juantika Nurihsan, Achmad. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama. 2009.

Nurhayati, Eti. Bimbingan Konseling dan Psikoterapi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.

Supriatna, Mamat. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jt%20ipai.v8i2.2347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.