UPAYA GURU MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MIN PEMURUS DALAM KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN

Istiqamah Istiqamah

Abstract


Proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar apabila ada motivasi belajar karena orang yang bekerja berdasarkan motivasi yang kuat, ia tidak akan merasa lelah dan tidak cepat bosan. Oleh karena itu, guru perlu memelihara motivasi belajar siswanya dan semua yang berkaitan dengan motivasi.

Dalam konteks tersebut penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang usaha guru meningkatkan motivasi belajar siswadi MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan guru meningkatkan motivasi belajar siswa di MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa di MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Subjek dalam penelitian ini berjumlah 13 orang guru. Objek dalam penelitian ini mengenai upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa di MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah terkumpul, data diolah dengan teknik editing dan koding kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan mengambil kesimpulan secara induktif. Setelah diadakan analisis data yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan berjalan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari upaya yang dilakukan oleh guru melalui membuat perencanaan, menggunakan metode yang bervariasi, menggunakan media, memberikan ganjaran dan hukuman dan memberikan tugas dan hasil tugas.

 

Kata-kata Kunci: Guru, Motivasi, Belajar, Siswa

Full Text:

XML


DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jt%20ipai.v8i1.2184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.