EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ALQURAN PADA MAN PELAIHARI

Taufiqurrahman Taufiqurrahman, Afifah Afifah

Abstract


Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa tujuan pembelajaran pendidikan Alquran (BTA) agar siswa memiliki kemampuan membaca dan menulis Alquran dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid, maka diperlukan keefektivitasan pembelajaran agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan Alquran pada MAN Pelaihari sudah cukup efektif. Hal ini dapat dilihat variabel yang mendukung yaitu kemampuan guru MAN Pelaihari yang cukup bagus dalam menerapkan metode pembelajaran pendidikan Alquran (BTA), kemampuan siswa dalam membaca Alquran ada 71 orang yang mendapat nilai amat baik dengan interval nilai (80,00-94,90) berada pada kategori efektif (63,40%), dan kemampuan siswa  menulis Alquran (surah-surah pendek) ada 65 orang yang mendapat nilai baik (65,00-79,90) berada pada kategori cukup efektif (58,03%).

 

Kata kunci: Efektivitas pembelajaran pendidikan Alquran.

Full Text:

PDF

References


Abdur Rauf, Abdul Aziz Al-Hafizh, Pedoman Daurah Alquran (Kajian Ilmu Tajwid),Kalisari Pasar Rebo, Markaz Alquran, t.th.

Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar.Jakarta, PT. Rineka Cipta, 1997.

Solaeman, Pendidikan Dalam Keluarga. Bandung, CV Alfabeta, 2001.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dan Penjelasannya. Jakarta, Cemerlang, 2003.

Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan No 3 tahun 2009 Tentang Pendidikan Alquran di Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jtipai.v2i1.1869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


========================================

Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam are indexed by:

      
        
 
 

 

========================================


Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam by http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.